Polmas

Kabaharkam Polri Pimpin Apel Kesiapsiagaan Satgas Relawan Pencegahan Karhutla dan COVID-19 Provinsi Riau

Penanusa.com – Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri, Komjen Pol Agus Andrianto, pimpin Apel Kesiapsiagaan Satgas Relawan Pencegahan Karhutla dan COVID-19 Provinsi Riau, bertempat di Purna MTQ Pekanbaru, Riau, Selasa, 25 Agustus 2020.

Apel ini diikuti oleh personel TNI-Polri, Manggala Agni, BPBD, Satpol PP, dan Masyarakat Peduli Api (MPA) dari seluruh kota dan kabupaten di Riau.

Dalam sambutannya, Komjen Pol Agus Andrianto menjelaskan kehadirannya di Provinsi Riau adalah atas perintah Kapolri dalam rangka supervisi Operasi Aman Nusa II-Penanganan COVID-19, supervisi program Baharkam Polri, sekaligus antisipasi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

“Syukur alhamdulillah, saya hari ini melihat bahwa paling tidak kita sudah siap diri dengan melakukan upaya-upaya pencegahan secara dini, preemtif dan preventif, sehingga Karhutla yang selama ini menghantui sebagian wilayah Indonesia bisa kita cegah,” kata Komjen Pol Agus Andrianto mengapresiasi kesiapan Provinsi Riau dalam pencegahan Karhutla.

Komjen Pol Agus Andrianto juga mengapresiasi aplikasi Dashboard Lancang Kuning milik Provinsi Riau yang dapat menditeksi di mana titik api (hotspot) serta membangun sinergi antara sistem tersebut dengan masyarakat Riau.

Sebagai Kaopspus Aman Nusa II, Komjen Pol Agus Andrianto berharap masalah Karhutla tidak mengganggu fokus pemerintah, baik pusat maupun daerah, dalam percepatan penanganan pandemi COVID-19, yang berdampak pada aspek kesehatan hingga ekonomi.

“Mudah-mudahan Karhutla tidak terjadi selama program yang diterapkan dalam rangka untuk segera kita bisa keluar dari pandemi COVID-19. Vaksin sudah diuji coba dari 1.600 orang yang kemarin melaksanakan uji coba di Bandung. Berhasil. Mudah-mudahan bulan satu/dua [Januari/Februari] nanti sudah mulai dilaksanakan vaksinasi, paling tidak kepada 40 juta warga Indonesia,” ungkap Komjen Pol Agus Andrianto.

“Terima kasih kepada Bapak Gubernur, Bapak Kapolda, Bapak Danrem, dan seluruh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah yang ada di wilayah ini, terima kasih kepada seluruh relawan dan satuan tugas yang ada, terima kasih kepada warga Provinsi Riau yang sudah berkontribusi bagi terwujudnya keamanan di wilayah ini. Karena keamanan yang dikontribusikan oleh wilayah dan Provinsi Riau ini memberikan kontribusi kepada terwujudnya stabilitas Kamtibmas secara nasional,” kata Komjen Pol Agus Andrianto di akhir sambutannya.

Setelah apel, Kabaharkam Polri berkesempatan melepas satgas pendistribusian bantuan kemanusiaan bagi masyarakat terdampak COVID-19, penyemprotan disinfektan massal, dan pembagian masker.

Pos Terkait

Back to top button