Nasional

Kabaharkam Polri Pimpin Upacara Peringatan Sumpah Pemuda di Mabes Polri

Baharkam Promoter! – Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri, Komjen Pol Drs Condro Kirono MM, M.Hum, pimpin Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda di lingkungan Mabes Polri, bertempat di Lapangan Baharkam Polri, Kompleks Mabes Polri, Jakarta, Senin pagi, 28 Oktober 2019.

Upacara peringatan Sumpah Pemuda yang mengangkat tema “Bersatu Kita Maju” tersebut diikuti oleh Pejabat Utama, seluruh personel, dan PNS jajaran Mabes Polri.

Dalam kesempatan ini, Kabaharkam Polri membacakan amanat dari Menteri Pemuda dan Olahraga Dr H Zainudin Amali SE, MSi.

Tertulis dalam amanatnya yang dibacakan Kabaharkam Polri, Menpora menjelaskan tema “Bersatu Kita Maju” sesungguhnya diperuntukkan bagi seluruh elemen bangsa, akan tetapi bagi pemuda hal itu menjadi suatu keharusan.

“Karena di tangan pemudalah Indonesia bisa lebih maju. Pemuda untuk Indonesia maju adalah pemuda yang memiliki karakter, kapasitas, kemampuan inovasi, kreativitas tinggi, mandiri, inspiratif, serta mampu bertahan dan unggul dalam menghadapi persaingan dunia,” tulis Menpora Zainudin Amali.

Namun demikian, Menpora mengingatkan, kamujuan tidak akan pernah tercapai dalam arti yang sesungguhnya apabila masa depan itu hanya dipandang sekadar sebagai proses lanjut dari masa kini yang akan tiba dengan sendirinya.

Tapi, lanjutnya, bagaimana generasi muda merespon kemajuan itu dengan kearifan menghargai keluhuran perjuangan dari generasi sebelumnya tanpa terjebak dalam kejayaan dan romantisme masa lalu.

“Kalau pemuda generasi terdahulu mampu keluar dari jebakan sikap-sikap primordial suku, agama, ras, dan kultur menuju persatuan dan kesatuan bangsa, maka tugas pemuda saat ini adalah harus sanggup membuka pandangan ke luar batas-batas tembok kekinian dunia demi menyongsong masa depan dunia yang lebih baik,” pesan Menpora dalam amanatnya.

“Wahai pemuda Indonesia, dunia menunggumu, berjuanglah, lahirkan ide-ide, tekad, dan cita-cita. Pengorbanan dan perjuanganmu tidak akan pernah sia-sia dalam mengubah dunia,” serunya kemudian.

[AKP Bambang AS]

Pos Terkait

Back to top button