Nasional

Kabaharkam Polri Silaturahmi kepada Menteri Kelautan dan Perikanan Bahas Sinergitas

Baharkam Promoter! – Pagi ini, Senin, 13 Januari 2020, Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri, Komjen Pol Drs Agus Andrianto SH, MH, bersilaturahmi kepada Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo, bahas sinergitas.

Dalam audiensi ini, Kabaharkam Polri didampingi oleh Kakorpolairud Baharkam Polri Irjen Pol Drs Lotharia Latif SH, M.Hum, dan disambut langsung oleh Menteri Kelautan dan Perikanan yang didampingi Direktur Operasi Armada Ipung dan Sekretaria Dirjen PSDKP Suharta di GMB 4 Lantai 16 Kantor KKP Jakarta.

“Audiensi terkait dengan sinergitas Tupoksi Baharkam Polri dengan KKP, khususnya menindaklanjuti kebijakan Pemerintah RI dalam mendukung program prioritas dalam hal menciptakan kesejahteraan masyarakat pesisir guna mewujudkan Harkamtibmas,” kata Komjen Pol Agus Andrianto.

Kepada Menteri Edhy Prabowo, Kabaharkam Polri memaparkan, Baharkam Polri adalah Satker Polri terbesar khususnya untuk polisi berseragam (uniform police), 1/3 kekuatan Polri ada di Baharkam, dengan penempatan personel di darat (Sabhara, Binmas), di laut (Polair), dan di udara (Poludara).

Jumlah personel Baharkam 155.751 personel yang tersebar dari Mabes Polri sampai Polsek sebagai lini terdepan, dengan alat utama terbesar dan tersebar keseluruh pelosok NKRI sebanyak 45.645 alut/alsus.

“Baharkam Polri bertugas membina dan menyelenggarakan fungsi pemeliharaan dan keamanan yang mencakup upaya peningkatan kondisi kamtibmas guna mewujudkan keamanan dalam negeri,” jelas Komjen Pol Agus Andrianto.

Dengan keadaan tersebut, Kabaharkam Polri menegaskan, Baharkam Polri siap bekerja sama secara sinergis dengan Kementrian Kelautan dan Perikanan untuk mendukung kebijakan pemerintah mewujudkan Indonesia Maju.

“Baharkam Polri dan jajaran siap bersinergi dengan jajajaran KKP yang diawaki oleh Dirjen Tangkap, Dirjen Budidaya, Dirjen PSDKP, Dirjen PDSPKP, Dirjen PRL, Kabadan BKIPM, Kabadan BRSDM, dan Sekjen KKP untuk mendukung program peningkatan ekonomi kerakyatan di semua bidang, baik dengan Korpolairud, Korsabhara, dan Korbinmas Baharkam Polri,” ungkap Komjen Pol Agus Andrianto.

Sementara, Menteri KKP menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Polri yang selama ini sudah solid dan sangat membantu KKP.

Edhy Prabowo menjelaskan, program-program KKP akan mengedepankan pemberdayaan nelayan dan masyarakat pesisir, seperti izin-izin dipermudah dan usaha-usaha rakyat diperkuat. Untuk itu, Menteri KKP mengajak Polri bersama-sama KKP untuk menjadi pembina dan bapak asuh bagi para nelayan.

Hal itu mendapat sambutan dari Kabaharkam Polri. “Penegakan hukum adalah upaya terakhir, kecuali kasus bom ikan dan perusakan lingkungan,” kata Komjen Pol Agus Andrianto menyatakan komitmennya terhadap nelayan.

[AKP Bambang AS]

Pos Terkait

Back to top button