Nasional

Kabaharkam Polri: Tanpa Komunikasi yang Baik, Tak Mungkin Masyarakat Mau Bermitra dengan Polisi

Baharkam Hebat! – Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri, Komjen Pol Moechgiyarto SH, M.Hum, memberikan sambutan sekaligus membuka kegiatan peningkatan kemampuan komunikasi efektif bagi personel jajaran Baharkam Polri di Polda Kalimantan Tengah, Selasa (28-08-2018).

Kegiatan tersebut merupakan hasil kerja sama Polri dengan International Organiztion of Migration (IOM), yang bertujuan agar peserta nantinya memiliki pengetahuan dan kemampuan komunikasi yang baik dan efektif pada saat bertugas, baik dengan atasan atau teman sejawat terutama dengan masyarakat.

Menurut Kabaharkam Polri, untuk memelihara Kamtibmas, diperlukan upaya pencegahan kejahatan dengan mengedepankan komunikasi yang efektif antara anggota Polri dan masyarakat. Permasalahan-permasalahan Kamtibmas yang selama ini terjadi merupakan gambaran kurang efektifnya pelaksanaan tugas Polri, khususnya pelaksanaan tugas Bhabinkamtibmas dalam menerapkan strategi Polmas.

Strategi polmas memegang peranan penting dalam membentuk pribadi masyarakat agar peduli terhadap lingkungannya serta keterlibatan masyarakat secara aktif dalam menjaga situasi Kamtibmas. Hal ini tentu saja memiliki efek positif yang dapat berdampak pada menurunnya angka kriminalitas yang terjadi.

“Komunikasi yang efektif dapat dimanfaatkan juga untuk memetakan kerawanan Kamtibmas, terlebih lagi dalam menyongsong Pilpres 2019. Polri sebagai garda terdepan dalam mengemban tugas Kamtibmas diharapkan mampu mendukung dalam pelaksanaan kegiatan tersebut sehingga dapat berjalan dengan baik, aman, lancar, dan tidak ada permasalahan yang berarti, serta dapat menangkal berita–berita hoax yang saat ini sedang marak beredar di masyarakat,” jelas Komjen Pol Moechgiyarto.

Guna mencapai hal tersebut, lanjut Kabaharkam Polri, perlu adanya keterampilan dalam berkomunikasi secara baik dan efektif yang harus dimiliki oleh setiap personel Polri, khususnya yang bersentuhan langsung dengan masyarakat.

Peningkatan kemampuan berkomunikasi secara baik dan efektif, jelas Kabaharkam Polri lebih lanjut, tentunya sangat diperlukan untuk mendukung pelaksanaan tugas pokok Polri dalam rangka membangun hubungan yang harmonis dengan masyarakat. Selain itu dapat pula berguna untuk menyelesaikan atau meredam situasi yang berbahaya dan menyelamatkan harta benda atau jiwa serta dapat dipergunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Kabaharkam Polri menegaskan, komunikasi sesungguhnya mempunyai peran sangat penting dalam berinteraksi baik dalam kehidupan sehari-hari maupun kedinasan. Oleh karena itu komunikasi merupakan kunci utama suksesnya strategi perpolisian masyarakat (Polmas), mengingat dalam strategi ini partisipasi dari masyarakat sangat dibutuhkan.

“Tanpa adanya komunikasi yang baik, maka masyarakat tidak akan mengerti apa yang jadi tujuan dari strategi perpolisian masyarakat dan jika hal tersebut terjadi, maka tidak mungkin masyarakat akan simpati dan mau bermitra dengan Polisi,” ungkap Komjen Pol Moechgiyarto.

[AKP Bambang AS]

   

Pos Terkait

Back to top button