Internasional

Kabaharkam Polri Terima Audiensi Pimpinan JICA Bahas Program Strategis

Baharkam Promoter! – Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri, Komjen Pol Drs Agus Andrianto SH, MH, menerima audiensi dari pimpinan Japan International Cooperation Agency (JICA), bertempat di Ruang Kerja Kabaharkam Polri, Kompleks Mabes Polri, Jakarta, Rabu, 8 Januari 2020.

Hadir mewakili JICA Komjen Pol (Jepang) Suzuki Motoyuki dan Mr Anzai Toshiya. Sementara Kabaharkam Polri didampingi oleh Karobinopsnal Brigjen Pol Drs Ermi Widyatno MM, dan Dirbintibmas Korbinmas Brigjen Pol Drs Tajuddin.

Pertemuan tersebut membahas tentang program kerja sama antara Polri dan JICA terkait upaya mengubah budaya kerja personel Polri, terutama jajaran Bhabinkamtibmas yang bersentuhan langsung dengan masyarakat hingga lapisan terbawah.

“Bhabinkamtibmas bisa menggerakkan komunitas potensi masyarakat untuk digerakkan membantu ekonomi kerakyatan. Bhabinkamtibmas harus memberikan kontribusi secara kongkret kepada masyarakat untuk mengatasi masalah kamtibmas yang ada di wilayahnya,” kata Komjen Pol Agus Andrianto.

Kabaharkam Polri menjelaskan, gagalnya fungsi preemtif dan preventif yang diemban jajaran Baharkam Polri, menjadikan timbulnya berbagai kejahatan yang terjadi di masyarakat. Oleh karena itu, Kabaharkam Polri berharap, strategi Polmas yang didukung JICA dapat membangkitkan dan menambah kepercayaan masyarakat terhadap Polri.

“Program JICA ke depannya bukan hanya mengubah budaya kerja personel Polri, tetapi JICA bisa menggerakkan output yang dihasilkan dalam pelatihan dan ketrampilan personel Polri untuk dapat berkonstribusi dan bermanfaat langsung ke masyarakat. Selama ini kehadiran JICA harus dapat dirasakan juga oleh masyarakat secara luas,” ungkap Komjen Pol Agus Andrianto.

JICA (Badan Kerja Sama Internasional Jepang) adalah sebuah lembaga yang didirikan pemerintah Jepang untuk membantu pembangunan negara-negara berkembang. Selain itu, JICA juga dimaksudkan untuk meningkatkan kerja sama internasional antara Jepang dengan negara-negara lain.

JICA menolong pengembangan pemerintah dengan memberikan bantuan teknis dan dana yang tidak mengikat. Tujuan JICA adalah membangun sumber daya manusia di negara berkembang atau memperkuat organisasi-organisasi, membantu dalam kebijaksanaan pembangunan negara berkembang, dan melakukan penelitian untuk rencana dasar atau kemungkinan pelaksanaan operasi pembangunan.

[AKP Bambang AS]

Pos Terkait

Back to top button