Kabar Gembira buat Pedagan Kaki Lima, Menkop UKM Segera Salurkan Bantuan, Berikut Rinciannya

Bagikan :

Share on facebook
Share on twitter
Kabar Gembira buat Pedagan Kaki Lima, Menkop UKM Segera Salurkan Bantuan, Berikut Rinciannya
Kabar Gembira buat Pedagan Kaki Lima, Menkop UKM Segera Salurkan Bantuan, Berikut Rinciannya

Penanusa.com – Pedagang kaki lima termasuk pedagang yang sangat terimbas dengan kondisi pandemi Covid-19.

Menanggapi kondisi tersebut, pemerintah lewat Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM), akan segera memberikan bantuan kepada para pedagang kaki lima.

Sebelumnya Menkop UKM, Teten Masduki telah melakukan diskusi panjang dengan Pengurus Nasional Paguyuban Pedagang Mi dan Bakso (Papmiso).

Papmiso ini sebagai perwakilan dari para pedang kaki lima keseluruhan di Indonesia.

Diskusi tersebut dilakukan bersama Wakil Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Bekasi, Nyumarno, di Jakarta pada 26 Januari 2021.

Pertemuan tersebut bertujuan untuk menemukan solusi bagi para pedagang mi dan bakso dan pedagang makanan kaki lima lainnya agar dapat mempertahankan usahanya di tengah pandemi Covid-19.

“Saya sudah mendengar dan memahami keluhan dari teman-teman Papmiso. Sudah ada beberapa usulan solusi yang sekiranya bisa membantu bukan hanya para pedagang bakso saja, tapi pedagang makanan kaki lima lainnya,” kata Menkop UKM, Teten Masduki.

Dikutip dari akun Instagram @kemenkopukm, Minggu, 31 Januari 2021, sejumlah solusi berhasil ditemukan Menkop UKM Teten bersama Papmiso untuk pedagang mi dan bakso.

Solusi tersebut nantinya akan segera ditindaklanjuti oleh pihak Kementerian Koperasi dan UKM (KemenkopUKM).

Adapun solusi yang dihasilkan dari diskusi tersebut di antaranya:

1. Hibah BPUM

Hibah BPUM atau dikenal juga sebagai BLT UMKM akan diberikan secara cuma-cuma dari KemenkopUKM kepada para pedagang mi dan bakso yang memenuhi syarat untuk diusulkan guna mendapatkan bantuan.

2. Pembiayaan LPDB-KUMKM

Para pedagang mi dan bakso akan diarahkan pihak KemenkopUKM untuk berkoperasi agar mudah mendapatkan akses pembiayaan.

3. Kerja Sama dengan Koperasi Peternak

KemenkopUKM berharap dengan terjalinnya kerja sama antara pedagang mi dan bakso dengan koperasi peternak, maka para pedagang akan mendapatkan jaminan pasokan bahan baku dengan harga beli stabil.

4. Akses BUMN Pangan

Jika dibutuhkan, KemenkopUKM akan menyediakan alokasi impor daging dengan jaminan pasokan dan harga yang sesuai untuk para pedangang mi dan bakso.

Tidak hanya dapat membantu para pedagang mi dan bakso saja, solusi tersebut juga diharapkan dapat membantu seluruh pedagang makanan kaki lima di tengah pandemi Covid-19.

Lebih lanjut, Menkop UKM Teten berharap, seluruh jajaran Kemenkop UKM dapat segera merealisasikan solusi yang telah didiskusikan.

“Seperti hibah BPUM, kerja sama dengan koperasi peternak, akses BUMN Pangan, dan lainnya. Saya harap bisa segera direalisasikan,” pungkas Menkop UKM Teten. (*)

Topik Lainya:

Kabar Terkait:

Kabar Utama:

Kabar Terbaru:

logo 120x120
Rekam Jejak Indonesia

Portal berita online terkini hari ini dari media mainstream terbaik dan terpercaya

Ikuti Kami

©2021 penanusa.com. All rights reserved.

Tentang Kami | Redaksi | Pedoman Media Siber | Privacy Policy | Hubungi Kami