Nasional

Kaopspus Aman Nusa II-Penanganan COVID-19 Apresiasi Kampung Tangguh yang Diinisiasi Kapolda Jatim

Baharkam Promoter! – Kabaharkam Polri, Komjen Pol Drs Agus Andrianto SH, MH, selaku Kepala Operasi Kepolisian Terpusat (Kaopspus) Aman Nusa II-Penanganan COVID-19, memberikan apresiasi pembentukan Kampung Tangguh hadapi pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) di beberapa wilayah di Jawa Timur.

Hal itu disampaikan Kabaharkam Polri saat memimpin rapat analisa dan evaluasi (Anev) Operasi Aman Nusa II bersama para pejabat utama operasi tingkat Mabes Polri, Polda, dan Polres melalui video conference dari Ruang Pusdalsis Mabes Polri, Jakarta, Rabu, 27 Mei 2020.

“Saya ingin mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Kapolda Jatim yang sudah membangun Kampung Tangguh di seluruh wilayah Jawa Timur bekerja sama dengan Pemda dan jajaran TNI,” kata Komjen Pol Agus Andrianto.

Kampung Tangguh merupakan inisiasi Kapolda Jatim, Irjen Pol Dr Drs H Muhammad Fadil Imran MSi, yang mengedepankan peran warga setempat serta didampingi relawan gugus tugas desa dalam penanganan COVID-19. Selain itu, masyarakat juga diberikan pelatihan pemulasaranan jenazah oleh Timsus Pemulasaran Jenazah COVID-19.

Dengan diterapkannya Kampung Tangguh, diharapkan masyarakat dalam menghadapi pandemi COVID-19 dapat tetap tangguh pangan, informasi, keimanan, psikologi, keamanan, dan tangguh kesehatan.

Menurut Komjen Pol Agus Andrianto, Kampung Tangguh yang tak hanya fakus dalam penanggulangan persebaran COVID-19 namun juga membangun ketahanan pangan masyarakat, dapat menjadi solusi terkait antisipasi peringatan Organisasi Pangan dan Pertanian Dunia (FAO) tentang kemungkinan terjadinya kelangkaan pangan dunia akibat dampak COVID-19.

“Diharapkan hal ini dapat dijadikan contoh bagi seluruh Polda jajaran,” ungkap Komjen Pol Agus Andrianto.

[AKP Bambang AS]

Pos Terkait

Back to top button