Nasional

Kapolri dan 4 Jenderal Bintang Tiga Hadiri Puncak HUT Satpam ke-38

Baharkam Promoter! – Kapolri, Jenderal Pol Prof H Muhammad Tito Karnavian PhD, bersama sejumlah pejabat teras Kepolisian, hadiri upacara puncak peringatan HUT Satuan Pengamanan (Satpam) ke-38, yang bertempat di Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK) Jakarta, Rabu, 6 Februari 2019.

Tercatat pejabat teras Polri lainnya yang hadir adalah Wakapolri, Irwasum Polri, Kabaharkam Polri, Kabaintelkam Polri, Asops Kapolri, dan Dankorbrimob Polri.

Peringatan HUT Satpam kali ini mengangkat tema “Pemuliaan Profesi Satuan Pengamanan Indonesia Guna Mendukung Polri dalam Pengamanan Pemilu Tahun 2019“.

Rangkaian kegiatan peringatan HUT Satpam ke-38 Tahun 2018 dimaksudkan untuk memelihara pembinaan tradisi Satpam sebagai anak kandung Polri yang telah mengemban tugas menyelenggarakan keamanan dan ketertiban di lingkungan kerja selama kurun waktu 38 tahun.

Adapun tujuan penyelenggaraan adalah untuk memelihara dan menumbuhkan kesadaran anggota Satpam sebagai bagian dari Polri melalui kegiatan pembinaan tradisi sekaligus menjadikan sarana evaluasi terhadap eksistensi dan kinerja Satpam guna pembenahan dan penyempurnaan dalam pelaksanaan tugas di masa yang akan datang.

Dalam arahannya, Kapolri meminta
agar segera diagendakan apel akbar deklarasi Potensi Masyarakat dalam rangka menunjukkan bahwa Potmas siap menjaga keamanan dan kesuksesan pengamanan Pemilu 2019.

Rencananya pelaksanaan apel akbar tersebut akan dilakukan terpusat di Jakarta dan kota-kota besar lainnya.

“Potensi masyarakat akan kita berdayakan dalam hal pengamanan Pemilu 2019,” tegas Jenderal Pol Tito Karnavian.

Sementara, Kabaharkam Polri Komjen Pol Drs Moechgiyarto SH, M.Hum, mengatakan arahan Kapolri tersebut sejalan dan searah dengan Strategi Baharkam Polri, yakni conditioning strategy.

“Baharkam Polri selalu mengambil peran sebagai koordinator, komunikator, dan kolaborator (3K) terhadap fungsi kepolisian lain dalam kegiatan kepolisian cegah tindak pidana dan gangguan Kamtibmas dengan melibatkan potensi masyarkat,” kata Komjen Pol Moechgiyarto.

[AKP Bambang AS]

Pos Terkait

Back to top button