BeritaNasional

Kapolri Geber Pembentukan Kampung Tangguh Nusantara (KTN)

Baharkam Promoter! – Kapolri, Jenderal Pol Drs Idham Azis MSi, langsung geber pembentukan Kampung Tangguh Nusantara (KTN) karena terbukti keberadaannya di Jawa Timur efektif menangani berbagai persoalan akibat pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).

Untuk itu, baru-baru ini Jenderal Pol Idham Azis telah mengeluarkan Surat Telegram Kapolri yang memerintahkan seluruh Kapolda di Indonesia untuk segera membentuk KTN sebagai pilot project.

“Adanya wabah COVID-19 telah menimbulkan permasalahan yang berdampak pada ekonomi, sosial, busaya, politik, dan Harkamtibmas, maka Korbinmas Baharkam membuat terobosan pembuatan pilot project Kampung Tangguh Nusantara (KTN),” kata Jenderal Pol Idham Azis dalam Surat Telegram yang ditandatanganinya sendiri tersebut.

Surat Telegram itu juga menjabarkan langkah-langkah yang harus dilakukan dalam pembentukan KTN, yang dibagi dalam empat tahap.

Tahap pertama, persiapan, yang meliputi langkah koordinasi dengan stakeholder dan penentuan titik pilot project.

Tahap kedua, perencanaan dan pengorganisasian, meliputi pembentukan Tim POP (Problem Oriented Policing), pelatihan Tim POP, pembentukan Pengurus KTN, dan peningkatan kapasitas Pengurus KTN.

Tahap ketiga, pelaksanaan, meliputi pendataan warga dan tes kesehatan awal.

Dan tahap terakhir, respons/aksi, yang mencakup bidang kesehatan, bidang sosial ekonomi, bidang keamanan, analisa dan evaluasi (Anev) berkala, dan tes kesehatan akhir.

Jenderal Pol Idham Azis memerintahkan, pada minggu keempat bulan Juni 2020, KTN di tiap Polda sudah harus terbentuk dan diluncurkan pada minggu pertama bulan berikutnya.

“Surat Telegram ini bersifat perintah untuk dilaksanakan,” tegas Jenderal Pol Idham Azis.

[AKP Bambang AS]

Pos Terkait

Back to top button