Nasional

Komjen Pol Agus Andrianto Masuk Pesantren Progresif Bumi Sholawat

Baharkam Promoter! – Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri, Komjen Pol Drs Agus Andrianto SH, MH, masuk ke Pesantren Progresif Bumi Sholawat di Jl Kyai Dasuki No 1 Desa Lebo, Kecamatan Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, Rabu, 11 Maret 2020.

Kehadiran jenderal bintang tiga itu bukan untuk sekolah lagi, melainkan bersilaturahmi dengan tokoh agama di sela-sela kegiatan Rakernis Baharkam Polri TA 2020 yang digelar di kabupaten yang sama.

Kehadiran Kabaharkam Polri dan rombongan disambut langsung oleh pengasuh PP Bumi Sholawat, KH Agoes Ali Mashuri (Gus Ali). “Semoga semua yang ada di sini dipanjangkan umurnya oleh Allah SWT, dimurahkan rezekinya, karena menyambung silaturahmi memperpanjang umur,” doanya.

Kepada Kabaharkam Polri, Gus Ali menjelaskan jumlah santriwan dan santriwati yang ada di pesantrennya sebanyak 2.000 orang, belajar di tingkat SMP dan SMA, tersebar dalam dua mess laki-laki dan perempuan, dengan beberapa blok yang setiap bloknya diisi 20 orang dan 1 pengasuh. “Seleksi masuk pesantren melalui proses yang ketat,” terangnya.

Menariknya, jebolan pesantren ini lebih dikenal sebagai pesebakbola handal yang kerap dipanggil membela tim nasional seperti Mursyid Effendi, Uston Nawawi, dan Bejo Sugiantoro.

Sementara itu, Komjen Pol Agus Andrianto menyampaikan bahwa maksud dan tujuannya bersilaturahmi adalah untuk menguatkan sinergitas dan kerja sama antara Polri dan ulama dalam rangka memelihara kamtibmas dalam negeri, khususnya dalam membentengi masyarakat dari upaya-upaya perpecahan serta pengaruh buruk paham radikal.

Menanggapi hal itu, Gus Ali berkeyakinan Indonesia akan maju jika semua elemen bangsa bersatu mengedepankan kepentingan bangsa dan negara. Menurutnya, sejatinya beragama itu adalah hablumminallah (hubungan kepada Allah) dan hablumminannas (hubungan sesama manusia). “Jadi harus guyub, rukun, damai, saling mendukung dan membangun,” katanya.

Dalam silaturahmi tersebut Kabaharkam Polri didampingi oleh Kakorbinmas Baharkam Polri Irjen Pol Risyapudin Nursin, Kakorsabhara Baharkam Polri Irjen Pol Drs H Bambang Ghiri, Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Sumardji, dan sejumlah pejabat Baharkam Polri lainnya.

[AKP Bambang AS]

 

 

Pos Terkait

Back to top button