Nasional

Komjen Pol Firli Serahkan Pataka Baharkam Polri “Vicvapa Brahmagola” kepada Irjen Pol Agus Andrianto

Baharkam Promoter! – Sebagai rangkaian Serah Terima Jabatan (Sertijab) Kabaharkam Polri, maka digelarlah Upacara Serah Terima Pataka Baharkam Polri “Vicvapa Brahmagola”, bertemlat di Lapangan Apel Baharkam Polri, Kompleks Mabes Polri, Jakarta, Senin, 16 Desember 2019.

Serah terima pataka dilakukan dari pejabat lama Komjen Pol Drs Firli MSi, kepada pejabat baru Irjen Pol Drs Agus Andrianto SH, MH.

Dalam sambutannya, Komjen Pol Firli menjelaskan, Baharkam Polri adalah satuan di bawah Kapolri yang memiliki struktur organisasi yang lengkap, terdapat tugas preemtif, preventif, dan penegakan hukum.

Selain itu, Baharkam Polri juga memiliki struktur organisasi yang besar, dengan tiga korps yang dipimpin oleh jenderal bintang dua, dan dibantu tujuh direktur berpangkat jenderal bintang satu, serta dibantu dua kepala biro berpangkat jenderal bintang satu.

“Di institusi Polri, hanya Satker Baharkam Polri yang memiliki pejabat dengan eselon terlengkap serta didukung personel tiga matra, baik darat, laut, dan udara, siap digerakkan kapan saja untuk mendukung kegiatan operasional Polri dalam memberikan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat, serta penegakan hukum,” kata Komjen Pol Firli.

Komjen Pol Firli mengungkapkan, waktunya bertugas sebagai Kabaharkam Polri hanya 28 hari. Merupakan waktu yang sangat singkat. Namun, menurutnya, kesuksesan suatu organisasi tidak dapat ditentukan dari berapa lama pemimpinnya menjabat, melainkan seberapa banyak yang dikerjakan pemimpin tersebut dalam waktu singkat sehingga organisasi tersebut dapat menjadi organisasi yang dapat dibanggakan.

“Saya selalu berharap agar personel Baharkam Polri sampai ke ujung pelosok negeri mengedepankan love (cinta), care (kepedulian), dan share (berbagi) untuk mewujudkan solidarity, understanding, collaboration, and integrity (SUCI). Insya Allah apabila tiga hal tersebut dilaksanakan dan menjadi prinsip kerja personel Baharkam Polri, maka Polri yang profesional, modern, dan terpercaya segera tedwujud bukan hanya sekadar slogan atau retorika belaka,” pesan calon Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) periode 2019-2023 tersebut.

“Saya ucapkan selamat datang dan selamat bertugas kepada Bapak Irjen Pol Drs Agus Andrianto SH, MH, sebagai Kabaharkam Polri. Semoga ke depan Baharkam Polri menjadi semakin profesional, modern, dan terpercaya guna mendukung terciptanya Indonesia maju,” lanjutnya.

Sementara Irjen Pol Agus Andrianto menyatakan dalam sambutannya sebagai pejabat baru, bahwa apa yang disampaikan Komjen Pol Firli memiliki makna yang strategis dan mengandung pesan yang sangat dalam guna kepentingan pemantapan pemeliharaan Kamtibmas.

“Saya selaku Kabaharkam Polri yang baru mengajak kepada jajaran Baharkam Polri untuk dapat membantu saya sehingga keberhasilan yang telah dicapai oleh pejabat lama Kabaharkam Polri Komisaris Jenderal Polisi Drs Firli MSi, dapat kita pertahankan bahkan kita tingkatkan sehingga dapat mendukung kebijakan Pemerintah guna mewujudkan tujuan negara serta dapat menjawab dan memenuhi harapan dan tuntutan masyarakat di dalam tugas dan pengabdian kita ke depan,” kata Irjen Pol Agus Andrianto.

“Akhirnya, semoga Tuhan Yang Maha Kuasa, Allah SWT, melimpahkan rahmat, karunia, dan RidhoNya kepada kita semua, serta memberikan bimbingan dan kekuatan sehingga kita dapat melanjutkan tugas pengabdian dan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat, bangsa, dan negara,” tutupnya.

Kemudian kegiatan diakhiri dengan tradisi pelepasan pejabat lama Kabaharkam Polri. Komjen Pol Firli dihantarkan menuju tugas baru diiringi baris kehormatan Pedang Pora.

[AKP Bambang AS]

Pos Terkait

Back to top button