Nasional

Komjen Pol Moechgiyarto Pimpin Rapat Kinerja Baharkam Polri

 

Penanusa.com – Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Baharkam) Polri, Komjen Pol Drs Moechgiyarto SH, M.Hum, memimpin Rapat Kinerja Baharkam Polri, bertempat di Rupattama Baharkam Polri, Jakarta, Senin (09-07-2018).

Rapat ini diikuti oleh Biro Perencanaan dan Administrasi (Rorinmin), Biro Pembinaan dan Operasional (Robinops), Urusan Keuangan (Urkeu), dan Tata Usaha.

Agenda rapat membahas tentang capaian kinerja unsur pembantu pimpinan (Robinopsnal dan Rorenmin) serta pemaparan rencana anggaran tahun 2019 oleh Bagian Perencanaan (Bagren).

Selain itu, disampaikan juga konsep strategi Baharkam Polri dalam mewujudkan pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat (Harkamtibmas), yaitu:

1. Bagaimana pengkondisian masyarakat untuk ikut serta dalam Harkamtibmas. Tahap ini disebut Tahap Kondisioning, dilakukan dengan Door to Door System (DDS), informan desa, dan komunitas interes;

2. Bagaimana masyarakat mendukung kegiatan polisionil dengan mengedepankan fungsi preemtif dan preventif. Disebut juga Tahap Polisionil. Dilaksanakan dengan kegiatan razia kepolisian dan Satgas Pengamanan Desa; dan

3. Bagaiamana pelaksanaan kerjasama yang dilaksanakan oleh Polri dan masyarakat. Disebut juga Tahap Partnership. Dilakukan dengan cara Power on Hand dan Kepung Kampung.

Bila ketiga strategi tersebut belum maksimal, akan dilaksanakan Tahap Alih Komando dan Pengendalian (Kodal) dengan mengedepankan fungsi Baharkam di wilayah: Sabhara, Pam Obvit, Binmas, dan Polairud, sebelum dari fungsi Brimob dan Reskrim turun.

Kabaharkam Polri menyampaikan, strategi tersebut adalah sebuah konsep strategi yang akan digodok dan nanti disosialisasikan ke wilayah.

Rapat rutin yang digelar setiap hari Senin tersebut berlangsung lancar dan kondusif. [AKP Bambang AS]

Pos Terkait

Back to top button