Olahraga

Komunitas Gowes Baharkam Polri: Jaga Kesehatan Sambil Dekatkan Diri kepada Masyarakat

Baharkam Promoter! – Tentu mengasyikkan jika rekan-rekan sekantor memiliki hobi yang sama. Keadaan ini bisa menjadi alternatif tambahan menghabiskan akhir pekan bersama rekan-rekan sejawat.

Begitulah yang terjadi di Badan Pemelihara Keamanan (Baharkam) Polri. Ternyata badan kepolisian yang bertugas di bidang pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat (harkamtibmas) ini memiliki sejumlah personel jajaran yang berhobi sama, yakni bersepeda alias gowes.

Mereka kemudian berkumpul dalam Komunitas Gowes Baharkam Polri yang diketuai oleh Kepala Korps Pembinaan Masyarakat (Kakorbinmas) Baharkam Polri, Irjen Pol Risyapudin Nursin SIK.

Pagi ini, Sabtu, 29 Februari 2020, Komunitas Gowes Baharkam Polri mengisi kegiatan akhir pekan dengan bersepeda bersama di sekitar Jakarta. Rute yang diambil start dari Mako Baharkam Polri, kemudian menyusuri jalan Jenderal Sudirman-jalan Thamrin-Bundaran HI-jalan Sarinah-Istana Negara-jalan Harmoni-Kota Tua-Glodog-Kuningan-jalan Tendean, dan finish di Mako Baharkam Polri, Kompleks Mabes Polri.

“Hari ini kami melakukan olahraga bersama sekaligus patroli dialogis kepada masyarakat,” kata Irjen Pol Risyapudin Nursin.

Menurut Kakorbinmas Polri, kegiatan tersebut dilakukan dengan tujuan untuk membangun kebersamaan di lingkungan kerja Baharkam Polri. Selain itu juga untuk mendekatkan diri dengan masyarakat lewat kegiatan yang menyenangkan dan menyehatkan.

Kakorbinmas Baharkam Polri menceritakan, saat tiba di sekitar Kota Tua, ada anggota yang melihat seorang pengendara sepeda motor mengalami kecelakaan tunggal karena jalan berlubang akibat rusaknya aspal oleh genangan air.

Melihat hal itu, peserta gowes bareng tersebut langsung memberikan pertolongan. Karena keadaannya, sang pesepeda motor kemudian dibawa ke Rumah Sakit Polri Kramat Djati oleh tim kesehatan dari Korpolairud yang diketuai oleh dokter Abhi. Tim kesehatan komunitas gowes ini terdiri dari dokter, perawat, dan pengemudi ambulance.

Sebelum melanjutkan rute, rombongan gowes sempat mengawal ambulance yang membawa korban agar tak mengalami hambatan di jalan.

“Ke depan kegiatan olahraga seperti ini akan dirutinkan untuk menjalin sinergitas antar satker dan komunitas di jajaran Baharkam Polri,” ungkap Irjen Pol Risyapudin Nursin.

Ia berharap, kegiatan bersepeda jajaran Baharkam Polri dapat menjadi pemantik bagi satker lain untuk bergabung menjadikan hobi sebagai ajang menjaga kesehatan dan mendekatkan diri dengan masyarakat.

[AKP Bambang AS]

Pos Terkait

Back to top button