Berita

Long Weekend Akhir Oktober Kemarin Membuat Pasien di Wisma Atlet Meningkat Kembali

Penanusa.com – Long weekend  akhir Oktober bulan lalu berdampak pada meningkatnya pasien terindikasi Covid-19. Diketahui di wisma atlet jumlah pasien terindikasi Covid-19 meningkat sebanyak 21%.

Koordinator RS Darurat Covid-19 Mayjen TNI Tugas Ratmono mengatakan, “Berdasarkan data tadi pagi pukul 06.00 WIB, hunian di tower 6 dan 7 adalah 53,8%. Kalau dibandingkan dengan hunian saat sebelum libur kemarin sebanyak 32%, jadi kami melihat ada pertambahan pasien 21% dalam kurun waktu sepekan ini.”

Akan tetapi Ratmono mengungkapkan peningkatan libur panjang akhir Oktober ini lebih rendah dibandingkan periode 25 dan 27 September lalu dimana tingkat huniannya hingga 90%. Selain itu pasien di flat isolasi mandiri di Wisma Atlet kini sebesar 27% atau meningkat dibandingkan sebelum libur yaitu 17%. Artinya terjadi peningkatan hunian di flat isolasi mandiri saat ini sekitar 10%.

Kendati demikian, ia menyebutkan keterisian pasien di flat isolasi mandiri sekarang masih lebih rendah jika dibandingkan saat libur September lalu. Saat itu, keterisian flat isolasi mandiri mendekati 80 hingga 90%.

Ratmono berharap penambahan kasus Covid-19 usai libur panjang tidak sebanyak September lalu. Keterisian pasien bisa terjaga dan tidak sebanyak pasien saat September lalu sehingga bisa dikendalikan dengan baik. Tugas juga meminta pengendalian kasus Covid-19 harus dilakukan bersama-sama supaya peningkatan kasus tidak tinggi.

“Kami sangat berharap semua pihak, termasuk masyarakat terutama semua pihak untuk menjaga jangan sampai tertular dan menularkan virus,” ucapnya.

Masyarakat diminta tetap disiplin melaksanakan protokol kesehatan 3M yaitu menjaga jarak, memakai masker, dan selalu mencuci tangan pakai sabun. Kemudian lakukan protokol kesehatan ini secara disiplin.

Baca juga : Vaksin Sinovac Akan Disuntikan Gratis Untuk 60 Juta Orang

Pos Terkait

Back to top button