Gaya Hidup

Manfaat Merawat Tanaman Lidah Mertua di Tengah Pandemi

Penanusa.com – Lidah Mertua kini menjadi salah satu tanaman hias yang disukai untuk mengisi waktu luang di tengah pandemi Covid-19. Tanaman ini berfungsi untuk meningkatkan kualitas udara.

Selain dapat meningkatkan kualitas udara, tanaman ini juga enak di pandang sehingga bisa dijadikan sebagai hiasan rumah.  Menurut feng shui, tanaman ini juga dapat mendatangkan keberuntungan.

Tanaman ular (Sansevieria trifasciata) atau Lidah Mertua berasal dari Asia dan Afrika. Hal ini dapat dikenali dari daunnya yang berbentuk pedang hijau yang tumbuh tegak, dan hampir menyerupai dedaunan buatan. Bentuknya menyerupai lidah dengan ujung yang tajam maka tanaman ini disebut Lidah Mertua.

Tanaman ini dianggap relatif aman, tetapi agak beracun jika dikonsumsi. Daunnya mengandung racun yang bisa menyebabkan bengkak dan mati rasa di lidah jika dimakan dalam dosis besar. Karena itu, sebaiknya jauhkan tanaman ini dari anak-anak dan hewan yang rentan menggigit.

Baca juga : Kasus Covid-19 di Indonesia Kian Meningkat, Pemerintah Harus Melakukan Evaluasi

Jenis Lidah Mertua yang paling umum yakni daun hijau ramping dengan garis horizontal abu-abu atau perak. Tanaman ini dapat tumbuh baik di area yang kurang cahaya.

Merawat tanaman Lidah Mertua ini juga terhitung mudah karena tanaman ini dapat tetap hidup di lingkungan yang relatif kering, baik diluar maupun di dalam. Beberapa hal yang harus diperhatikan apabila ingin menanam tanaman Lidah Mertua, yaitu jangan disiram berlebihan serta tempatkan tanaman pada sinar matahari tidak langsung. Mudah bukan?

 

Pos Terkait

Back to top button