Masa Kepemimpinan Khalifah Umar bin al-Khattab

Bagikan :

Share on facebook
Share on twitter
Masa Kepemimpinan Khalifah Umar bin al-Khattab
Masa Kepemimpinan Khalifah Umar bin al-Khattab

Penanusa.com – Masa kekhalifahan Umar bin al-Khattab berlangsung selama 10 tahun. Masa kekhalifahan Umar merupakan masa-masa terbaik sepanjang sejarah Islam setelah wafatnya Rasulullah dan Abu Bakar ash-Siddiq.

Khalifah Umar bin Khattab merupakan hadiah berharga yang dimiliki umat muslim semenjak masuknya beliau ke agama Allah, Islam. Umar bin Khattab juga sosok benteng sekaligus pedang yang tajam bagi musuh Islam sehingga pada masa pemerintahannya, Islam mengepakkan sayapnya dengan lebar.

Khalifah Umar dipilih atas wasiat khalifah sebelumnya Abu Bakar Radhiyallahu ‘anhu untuk bersedia menggantikan jabatan khalifah (At Thabari, 1984:21). Dari sinilah Umar membuka lembaran sejarah kehidupan baru dalam sejarah pemerintahan Islam (Al-Quthub, 2004: 98).

Setelah dilantik, Umar segera melaksanankan tugas kenegaraan dan melanjutkan garis kebijaksanaan yang telah ditempuh Abu Bakar. Namun beberapa permasalahan mulai muncul akibat neluasnya wilayah islam sehingga Umar melakukan langkah-langkah kebijaksanaan antisipatif terhadap perkembangan masalah yang dihadapi (Iqbal, 2001:56).

Gelombang wilayah Islam meluas hingga damaskus dan Syiria jatuh ke tangan Islam kemudian takluknya tentara Bizantium yang menandakan bahwa seluruh aerah Syiria jatuh ke bawah kekuasaan Islam.

Pada masa Khalifah Umar kekuasaan Islam mencapai Jazirah Arabia, Palestina, Syiria sebagian besar wilayah Persia dan Mesir (Nasution, 1985: 58). Berbagai kerajaan megah dapat ditaklukan dengan mudah dan kota-kota Islam seperti Fustat, Kufah dan Basrah dibangun menjadi kota besar yang banyak ditempati para sahabat (Yatim, 200:37).

Dalam kurun waktu 10 tahun, Islam dibawah kendali Khalifah Umar mencapai puncak kejayaan serta wilayah yang semakin meluas.

Tanggung jawab yang diampu sebagai khalifah merupakan tanggung jawab tidak hanya kepada manusia, melainkan tanggung jawab yang lebih besar yakni kepada Allah SWT.

Sehingga dalam melakukan segala tindakan selalu diperhitungkan dan difikirkan dengan matang. Hal ini merupakan bentuk kehati-hatian dan ketelitian yang tertanam dalam jiwanya. Bekal inilah yang menghantarkannya ke tingkat kewibawaan yang tinggi (Mahali, 1984: 178).

Dalam sejarah islam, pemerintahan Khalifah Umar memiliki pengaruh yang besar sehungga merupakan lambang kekuatan, keadilan, kasih sayang serta kebaktian. Perkembangan yang sangat pesat setidaknya telah menjunjung martabat dan kewibawaan kaum muslim dan mengangkat keharuman Khalifah Umar bin Khattab.

Umar menjabat sebagai Khalifah selama 10 tahun 6 bulan 4 hari (Haikal, 2000: 37). Beliau wafat akibat tikaman dari pemuda persia Abu Lu’Luah secara tiba tiba ketika hendak melaksanakan Shalat Shubuh di masjid An Nabawi dan menghembuskan nafas terakhir 3 hari pasca penikaman pada 1 Muharram 23 H/644 M (Mufrodi, 1997:58). Dilansir dari berbagai sumber. (*)

Topik Lainya:

Kabar Terkait:

Kabar Utama:

Kabar Terbaru:

logo 120x120
Rekam Jejak Indonesia

Portal berita online terkini hari ini dari media mainstream terbaik dan terpercaya

Ikuti Kami

©2021 penanusa.com. All rights reserved.

Tentang Kami | Redaksi | Pedoman Media Siber | Privacy Policy | Hubungi Kami