Nasional

Masih Siaga, Hari Ini Asap Tebal Setinggi 50 Meter Tampak di Atas Puncak Merapi

Penanusa.com – Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) melihat asap kawah berwarna putih dengan intensitas tebal setinggi 50 meter di atas puncak kawah Gunung Merapi pada periode pengamatan Selasa, 2 Desember 2020, pukul 00.00-06.00 WIB.

Selain itu, pada periode pengamatan yang sama, BPPTKG juga mencatat telah terjadi empat kali gempa guguran. Sementara Angin bertiup lemah ke arah timur, suhu udara 14,5-19,5 °C, kelembaban udara 72-90 %, dan tekanan udara 567,7-687,2 mmHg.

Berdasarkan pengamatan tersebut, BPPTKG menarik kesimpulan tingkat aktivitas Gunung Merapi masih berada di Level III (Siaga).

Sebelumnya, BPPTKG mencatat Gunung Merapi mengalami 46 kali gempa guguran selama periode pengamatan Senin, 30 November 2020, pukul 00.00-24.00 WIB.

Kepala BPPTKG, Hanik Humaida, menyebutkan selain gempa guguran, pada periode pengamatan yang sama juga tercatat 307 kali gempa hybrid atau fase banyak, 50 kali gempa embusan, satu kali gempa tektonik, dan 31 kali gempa vulkanik dangkal.

Hasil pengamatan visual tampak asap berwarna putih keluar dari Gunung Merapi dengan intensitas sedang hingga tebal dengan ketinggian 20 meter di atas puncak kawah.

Saat itu, BPPTKG juga telah menaikkan status Gunung Merapi pada Level III atau siaga. Untuk penambangan di alur sungai-sungai yang berhulu di Gunung Merapi dalam kawasan rawan bencana (KRB) III direkomendasikan untuk dihentikan. BPPTKG juga meminta pelaku wisata agar tidak melakukan kegiatan wisata di KRB III, termasuk kegiatan pendakian ke puncak Gunung Merapi.

Baca juga: Info Gunung Merapi Meletus Hari Ini dan Penjelasan Lengkap BPPTKG

Pos Terkait

Back to top button