CatatanHeadline

Mereka yang Dulu Berseteru Akhirnya Bersatu

Penanusa.com – Selasa sore kemarin, 22 Desember 2020, Presiden Joko Widodo mengumumkan enam nama calon menteri baru yang akan duduk di Kabinet Indonesia Maju. Rencananya, hari ini keenamnya akan resmi dilantik.

Di antara keenam nama itu terselip nama Sandiaga Salahuddin Uno, yang diangkat menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menggantikan Wishnutama Kusubandio.

Sandi adalah Wakil Gubernur DKI Jakarta yang mengundurkan diri lantaran mencalonkan diri sebagai wakil presiden mendampingi calon presiden Prabowo Subianto untuk menantang petahana pasangan Jokowi-KH Ma’ruf Amin di Pemilihan Presiden 2019.

Waktu itu, pasangan calon (paslon) Jokowi-Ma’ruf Amin mendapat nomor urut 01. Sementara Paslon Prabowo-Sandi mendapat nomor urut 02. Persaingan Paslon 01 dan 02 ini begitu sengit sehingga membagi pemilih Indonesia dalam dua kelompok besar yang saling berseteru mendukung pasangannya masing-masing.

Baca juga: Postingan IG Jokowi di Tengah Isu Reshuffle Kabinet: Yang Baru Harus Lebih Baik!

Pilpres 2019 yang menimbulkan perpecahan tajam di masyarakat itu, yang dikenal dengan perseteruan “Cebong vs Kampret”, akhirnya dimenangkan Paslon 01 yang mengantarkan Jokowi menjadi Presiden RI periode kedua dan Ma’ruf Amin sebagai Wakil Presiden RI.

Setelah menjadi Presiden lagi, secara mengejutkan ternyata Jokowi menunjuk rivalnya Prabowo untuk menjadi pembantunya di salah satu kementerian paling strategis: Menteri Pertahanan RI.

Dan Selasa kemarin itu, sekali lagi Jokowi mengejutkan publik dengan mengumumkan Sandi ikut menjadi pembantunya sebagai Menparekraf. Dengan demikian komplit sudah, mereka yang dulu berseteru akhirnya bersatu! (*)

Baca juga: Rabu 23 Desember 2020 Besok Presiden Jokowi Akan Lantik 6 Menteri Baru

Pos Terkait

Back to top button