Polmas

Moeldoko Pastikan Nama Calon Kapolri Sudah Ada

Penanusa.com – Kepala Staf Kepresidenan RI, Moeldoko, memastikan nama calon Kapolri yang akan diajukan Presiden Joko Widodo ke DPR RI sudah ada.

“Siapanya pasti sudah ada. Kabetulan, tidak di kantong saya,” ungkap Moeldoko di Jakarta, Senin, 4 Januari 2021, dikutip dari Antara.

Selain itu, Moeldoko mengatakan pergantian pucuk pimpinan di Korps Bhayangkara itu sesuatu yang rutin terjadi, prosedur dan mekanismenya juga telah tersedia.

Jadi menurut Moeldoko, semuanya tinggal menunggu waktu.

Baca juga: Kapolri Terbitkan Maklumat Pertama di 2021, Ini Isinya

“Mekanisme, jelas ada usulan. Kemudian DPR akan memproses. Berikutnya, nanti keputusannya seperti apa. Saya pikir sampai di situ saja,” katanya.

Pergantian Kapolri ini kemungkinan akan segera dilakukan mengingat Kapolri saat ini, Jenderal Pol Idham Azis, akan pensiun pada 1 Februari 2021 mendatang.

Biasanya, sesuai prosedur, Kompolnas mengirimkan nama-nama Perwira Tinggi (Pati) Polri yang dinilai pantas menjadi Kapolri kepada Presiden. Presiden kemudian memilih satu nama dan diajukan ke DPR RI untuk menjalani Uji Kepatutan dan Kelayakan dan meminta persetujuan DPR. (*)

Baca juga: Netizen Berbalas Pantun “Jalan-jalan ke Kota Kendal”

Pos Terkait

Back to top button