Olahraga

MU Tersingkir dari Liga Champions usai Ditaklukkan RB Leipzig

Penanusa.com – Manchester United takluk 2-3 dari RB Leipzig di Red Bull Arena, sekaligus tersingkir dari Liga Champios, pada laga Selasa malam waktu setempat atau Rabu 9 Desember 2020 WIB.

Manchester United tak mampu keluar dari grup neraka. Setan Merah gagal bersaing dengan RB Leipzig dan Paris Saint-Germain di Grup H Liga Champions.

Alih-alih mendapat satu poin, The Red Devil malah kalah. Leipzig unggul tiga gol duluan lewat gol-gol Angelino, Amadou Haidara, dan Justin Kluivert.

Sementara Leipzig menempati posisi juara grup dengan raihan 12 poin. Status Leipzig sebagai juara grup masih bisa berubah karena menunggu pertandingan Paris Saint-Germain vs Istanbul BB yang ditunda karena kasus rasis.

Baca juga: Barcelona Keok di Kandang, Juventus Juara Grup G Liga Champions

Jalannya pertandingan

MU dikejutkan gol cepat tuan rumah yang terjadi pada menit kedua. Pemain Leipzig, Angelino mencetak gol indah melalui sepakan kencang yang sama sekali tidak bisa diantisipasi kiper MU, David de Gea.

Gawang MU kembali bergetar pada menit ke-13. Kali ini giliran Angelino yang mengirimkan assist kepada Amadou Haidara yang datang dari belakang.

Tendangan keras Amadou Haidara lagi-lagi tak mampu dihalau De Gea, Leipzig unggul 2-0.

Leipzig sempat mencetak gol ketiga pada menit 30 melalui Willi Orban yang menyambut bola liar di depan gawang MU. Namun wasit melalui VAR menyatakan pemain Leipzig tersebut terperangkap offside.

Skor 2-0 menutup paruh pertama.

Memasuki babak kedua Pelatih MU, Ole Gunnar Solskjaer merespon keunggulan Leipzig dengan pergantian pemain.

Donny van de Beek masuk untuk menggantikan Alex Nicolao Telles.

MU juga memainkan Brandon Williams untuk menggantikan Luke Shaw. Paul Pogba juga dimainkan, MU menarik keluar Nemanja Matic pada menit 61.

Hasilnya tak begitu efektif. MU malah kembali kebobolan pada menit 69.

Baca juga: Mahfud MD: Gunakan Hak Pilih Sebaik-baiknya dan Terapkan Protokol Kesehatan

Berawal dari miss komunikasi di lini pertahanan MU, kapten Harry Maguire membiarkan bola yang lewat dihadapannya.

Pemain Leipzig, Justin Kluivert yang berhadapan dengan De Gea berhasil mencocornya dengan tendangan keras. Gawang MU bergetar, Leipzig unggul 3-0.

MU kembali melakukan pergantian pemain pada menit 78. Solskjaer menggantikan Victor Lindelof dengan Axel Tuanzebe dan Aaron Wan-Bissaka keluar digantikan Timothy Fosu-Mensah.

Pada menit 80 MU berhasil memperkecil ketertinggalan setelah mendapat hadiah penalti. Ibrahima Konate dianggap melakukan pelanggaran di kotak penalti terhadap Mason Greenwood.

Bruno Fernandes yang bertindak sebagai algojo berhasil menunaikan tugasnya dan mengubah skor menjadi 3-1.

Pergantian pemain yang dilakukan Solskjaer baru membuahkan hasil pada menit 82. Paul Pogba berhasil mencetak gol setelah memanfaatkan tendangan sudut Bruno Fernandes.

Sundulan Pogba sempat memantul pemain belakang Leipzig dan bola meluncur ke dalam gawang, skor berubah 3-2.

Tak cukup bagi MU untuk kembali mencetak gol dengan waktu yang tersisa hanya 8 menit saja.

MU juga tidak mampu berbuat banyak meski wasit memberikan waktu tambahan selama 4 menit.

Dengan kekalahan ini MU hanya menempati posisi ketiga dan berhak atas tiket play off Liga Europa. (*)

Pos Terkait

Back to top button