Nasional

Nakes Jadi Kelompok Pertama Divaksinasi Setelah Vaksin Sinovac Biotech Disetujui BPOM

Penanusa.com – Menteri Kesehatan RI, Terawan Agus Putranto, mengungkapkan vaksin COVID-19 Sinovac Biotech yang baru tiba di Indonesia selanjutnya akan masuk tahapan persetujuan penggunaan atau Emergency Use Authorization (EUA) oleh Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM).

Setelah penggunaan vaksin disetujui, Terawan menerangkan, kelompok pertama yang akan menerima vaksinasi adalah tenaga kesehatan. “Untuk vaksin kiriman pertama ini, nanti yang pertama mendapat sasaran adalah tenaga kesehatan, asisten nakes, [serta] tenaga penunjang yang bekerja pada fasilitas kesehatan,” katanya dalam konferensi pers melalui kanal Youtube FMB9, Senin, 7 Desember 2020.

Baca juga: Indonesia Terima 1,2 Juta Dosis Vaksin COVID-19 Buatan Sinovac

Namun Terawan mengingatkan, vaksinasi COVID-19 adalah upaya intervensi untuk memutus rantai penularan virus corona yang kasusnya masih terus bertambah setiap hari. Ini adalah upaya pemerintah dalam penanggulangan pandemi COVID-19. Oleh karena itu, masyarakat dianjurkan tetap harus menjalankan protokol kesehatan.

“Tetap ingat protokol kesehatan: pakai masker, jaga jarak, rajin cuci tangan,” pesan Menkes Terawan.

Pada Minggu, 6 Desember 2020, 1,2 juta dosis vaksin COVID-19 Sinovac Biotech tiba di Indonesia. Kedatangan vaksin ini merupakan pengadaan tahap pertama dari 3 juta dosis vaksin yang dipesan pemerintah. Sebanyak 1,8 juta dosis vaksin lainnya dijadwalkan adakan didatangkan pada awal Januari 2021 mendatang. (*)

Baca juga: Tidak Semua Vaksin Covid-19 Gratis, Erick Thohir Beri Tahu Alasannya

Pos Terkait

Back to top button