Nasional

Operasi Aman Nusa II: Negara Harus Hadir di Tengah-tengah Masyarakat dalam Penanggulan Bencana

Baharkam Promoter! – Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri, Komjen Pol Drs Agus Andrianto SH, MH, pimpin Rapat Koordinasi membahas Rencana Kontijensi dan Rencana Operasi Kontijensi Aman Nusa II 2020, bertempat di Ruang Rapat Sops Polri, Gedung Utama Mabes Polri, Jakarta, Kamis, 9 Januari 2020.

Dalam kesempatan ini Kabaharkam Polri didampingi oleh Karorenmin Baharkam Polri, Karobinops, Dirsamapta, Kasubdit Patroli Air, Kasubdit Patroli Udara, Kasubdit Cakkal, Kasubdit Hartibum, Kasubdit Bin Polmas, dan Kasubdit Pam Waster.

Kabaharkam Polri menerangkan, operasi kepolisian terpusat dengan sandi Aman Nusa II dilaksanakan dalam rangka menindaklanjuti perintah Kapolri terkait perkembangan situasi bencana alam yang terjadi di beberapa wilayah di Indonesia.

“Bapak Kapolri setelah rapat terbatas dengan Presiden RI pada hari Jumat tanggal 3 Januari 2020 memberikan arahan yang intinya negara harus hadir di tengah-tengah bencana yang sedang dialami oleh masyarakat yang ada di Jakarta, Banten, Jawa Barat, dan Sumatera Barat serta daerah lainnya, agar dilaksanakan kerjasama antara pusat dan daerah dalam penanggulangan bencana alam,” kata Komjen Pol Agus Andrianto.

Selain itu, Kabaharkam Polri menegaskan, penanganan bencana alam tingkat pusat leading sector-nya adalah BNPB. Sedangkan di tingkat provinsi dan kabupaten/kota leading sector-nya adalah BNPBD. Dalam hal ini, Polri melakukan penanganan awal bencana alam, kemudian bergabung dengan BNPB tingkat pusat dan wilayah dalam penanganan selanjutnya.

Sebagai Kasatgas Aman Nusa II 2020, Komjen Pol Agus Andrianto berharap semua yang menjadi penekanan pimpinan agar dilaksanakan dengan baik dan penuh tanggung jawab. Ia juga berharap Satgas Aman Nusa II dapat menjalankan tugas dengan baik dan dapat mencegah timbulanya korban jiwa dan meminimalisir kerugian yang ada.

“Kapan lagi kita berbuat yang terbaik kepada masyarakat. Hidup kita hanya sskali, berikan manfaat yang maksimal kepada masyarakat selama kita masih berbalut pakaian dinas Polri. Karena sebaik-baik manusia adalah manusia yang dapat memberikan manfaat sebanyak-banyaknya kepada masyarakat lainnya,” pesan Komjen Pol Agus Andrianto.

“Intinya negara harus hadir di tengah-tengah masyarakat dalam penanggulan bencana,” tandasnya.

Operasi Aman Nusa II 2020 dimulai sejak tanggal 1 Januari 2020 sampai dengan 31 Januari 2020 dan dapat diperpanjang berdasarkan situasi bencana.

[AKP Bambang AS]

Pos Terkait

Back to top button