Nasional

Pantau Proses Pencoblosan Pemilu 2019, Dirpolair Korpolairud Baharkam Polri Sambangi 3 Pulau di Kepulauan Seribu

Baharkam Promoter! – Demi memastikan proses pemungutan suara Pemilu 2019 berlangsung lancar dan aman, Rabu, 17 April 2019, Dirpolair Korpolairud Baharkam Polri, Brigjen Pol Drs Lotharia Latif SH, M.Hum, melakukan pemantauan langsung di Kepulauan Seribu, Jakarta.

Menggunakan Kapal Pemburu Cepat KP 2004, Brigjen Pol Lotharia Latif, yang didampingi Kasubdit Patroli Air Kombes Pol Mahruzi Rahman SIK, MH, Kasubdit Binmas Air Kombes Pol Oka ED Candrana MPB, dan beberapa Perwira Ditpolair, meninjau tempat pemungutan suara (TPS) yang ada di tiga pulau.

Pulau pertama yang disambangi adalah Pulau Panggang. Di pulau ini, pimpinan tertinggi di Direktorat Polair tersebut mengadakan dialog dengan warga masyarakat pulau, petugas KPU, dan aparat yang bertugas di sana terkait pelaksanaan pencoblosan, situasi, dan kondisi keamanan.

Rombongan kemudian melanjutkan kegiatan serupa ke Pulau Karya, yang memiliki 12 TPS. Di pulau ini, Dirpolair disambut oleh Kapolres Kepulauan Seribu AKBP M Sandy Hermawan SH, SI.Kom, dan langsung meninjau salah satu TPS di sana.

Pulau terakhir yang dipantau oleh Dirpolair dan rombongan adalah Pulau Pramuka, yang memiliki 5 TPS.

“Secara umum, Alhamdulillah, pelaksanaan pesta demokrasi lima tahunan atau Pilpres di ketiga pulau tersebut berjalan lancar. Masyarakat terlihat antusias mendatangi TPS untuk menggunakan hak pilihnya. Kita pastikan situasi keamanan terkendali, aparat keamanan baik dari Polres Kepulauan Seribu, Ditpolair Polda Metro Jaya, dan TNI, bersinergi menjaga keamanan dan kenyamanan warga pulau dalam menyalurkan hak suaranya,” ungkap Brigjen Pol Lotharia Latif.

Selain itu, dalam rangka mengantisipasi gangguan keamanan selama tahapan Pemilu 2019, telah ditempatkan 45 unit Kapal Patroli Polisi dari Mabes Polri dengan status tugas BKO Polda setempat.

“Pada tahapan pencoblosan saat ini, sudah kita perintahkan personel Ditpolair yang bertugas di kapal-kapal tersebut untuk melakukan kegiatan pengamanan TPS terutama yang berada di wilayah pesisir atau kegiatan-kegiatan imbangan lainnya berkoordinasi dengan personel organik Polda setempat,” kata Brigjen Pol Lotharia Latif.

[AKP Bambang AS]

Pos Terkait

Back to top button