Gaya Hidup

Pasti Seru, Cara Atasi Stres Anak di Tengah Pandemi COVID-19

Penanusa.com – Mama dan Papa pasti pernah sangat bosan di tengah imbauan melakukan social distancing akibat pandemi Covid-19. Justru pada keluarga dinjurkan untuk tetap tinggal di rumah. Namun, akan ada saat di mana Mama, Papa dan si Kecil merasa sangat bosan yang dapat memicu stres. Setiap anak juga punya cara yang berbeda dalam menunjukkan stres: ada yang menjadi manja, marah, atau rewel.

Badan Kesehatan Dunia (WHO), dikutib nutriclub.co.id, menyampaikan beberapa tips untuk membantu Mama dan Papa mengelola rasa stres si Kecil.

Baca juga: Belanja Online Makin Di Minati Selama Pandemi

Hibur Si Kecil

Cara terbaik untuk meredakan rasa stres si Kecil dengan menghiburnya. Usahakan agar tidak menunjukkan amarah kepada si Kecil kaena dapat mendorong ia semakin rewel. Berilah si Kecil dukungan, dengarkan keluhannya dan pastikan ia tahu bahwa Mama dan Papa akan selalu menjaga dan mendampinginya.

Tunjukkan Kasih Sayang Mama dan Papa

Layaknya orang dewasa, si Kecil juga membutuhkan rasa kasih sayang dan perrhatian lebih, khususnya di masa sulit seperti sekarang. Usahakan untuk meluanhkan waktu setiap hari untuk menemani dan enenangkan si Kecil. Jika perlu, cari cara untuk bermain dan bersantai bersama.

Jaga Kebersamaan

Jika semua anggota keluarga sehat, usahakan untuk selalu bersama. Kebersamaan dengan orang tua maupun saudara akan membuat si Kecil menjadi lebih tenang. Apabila ada anggota keluarga yang sedang tidak tinggal bersama, cobalah untuk selalu berkomunikasi melalui telefon ataupun video call. Hal ini akan membuat perasaan lebih tenang karena menjalani masa sulit bersama-sama.

Jika kalian harus terpaksa berpisah, carilah cara agar komunikasi tetap terjaga.

Buat Rutinitas Seru

Buatlah rutinitas yang menyenangkan, di mana si Kecil dapat belajar, bermain dan beristirahat dengan baik setiap harinya.

Jelaskan Kondisi yang Sebenarnya

Jika si Kecil sudah cukup besar, cobalah menjelaskan apa yang sebenarnya terjadi mengenai pandemi Corona Virus (COVID-19) yang sedang berlangsung ini. Bicaralah dengan tenang dan coba jelaskan dengan mudah agar si Kecil dapat belajar untuk menerapkan kebiasaan sehat untuk pencegahan Corona Virus (COVID-19) ini.(*)

Pos Terkait

Back to top button