Politik

Pemuda Betawi Desak Gubernur DKI SegeraLantik Dewan Kota

Penanusa.com – Tokoh muda asli Betawi mendesak Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk segera melantik Dewan Kota.

Waktu tiga bulan sejak Pansel mengumumkan hasil seleksi nama-nama Dewan Kota terpilih, dirasa sudah begitu lama.

“Dewan Kota, oleh Gubernur DKI Jakarta, menjadi tidak jelas kapan dilantik. Padahal mereka sudah berlari dan bekerja untuk warga Jakarta,” kata salah satu tokoh pemuda asli Betawi dari Sawah Besar, Rody Asyadi, Jumat, 1 Maret 2019.

Seharusnya, menurut Rody Asyadi, pelantikan beberapa wilayah harus segera dilakukan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Sehingga tidak ada tudingan miring kepada Anies seolah dirinya ogah melantik Dewan Kota terpilih.

“DPRD DKI Komisi A jangan ego, apalagi melakukan intervensi dalam menyamakan persoalan, sementara berdampak kepada pihak Dewan Kota wilayah lain seperti Jakarta Pusat, Jakarta Timur, Jakarta Barat, serta Kabupaten Kepulauan Seribu dengan proses pemilihan berjalan dengan mekanisme pansel dan disetujui oleh Walikota masing–masing,” ungkap Rody Asyadi.

Ia menyarankan, DPRD sebagai kakak Dewan Kota, seharusnya mengundang Dewan Kota terpilih dan berdiskusi mengenai permasalahan yang ada. Sehingga mendapatkan informasi dari kedua pihak.

Menurutnya, masalah ini dapat merugikan citra Gubernur Anies. Setidaknya Biro Tapem Pemprov DKI harus segera melakukan koordinasi konsultatif bersama Komisi A untuk segera melantik Dewan Kota yang menjadi representasi warga dari utusan lingkungan.

“Seiring berjalannya waktu jika ini dibiarkan kasus ini akan berlama dan berdampak pada kredibilitas Dewan Kota di masyatakat,” tandas Rody Asyadi. []

Pos Terkait

Back to top button