Gaya Hidup

Pentingnya Berjemur Saat Pandemi Covid-19

Penanusa.com Pandemi covid-19 sampai saat ini belum berakhir. Kasus angka positif covid-19 di Indonesia kian hari semakin meningkat dan rekor tertingginya hampir mencapai 5.000 kasus perhari.

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS), rentang usia yang paling banyak terjangkit virus covid-19 adalah 19-45 tahun sebanyak 55% (data per 5 Oktober 2020). Sampai saat ini sudah 300.000 orang yang telah terinfeksi covid-19 di Indonesia. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk selalu menjaga kesehatan tubuh kita agar terhindar dari virus covid-19.

Berikut pentingnya berjemur saat pandemi, diantaranya :

  • Meningkatkan imun

Kita semua memiliki sistem alami yang dapat melawan virus dari dalam tubuh. Sistem alami tersebut dinamakan imunitas atau sistem kekebalan tubuh. Untuk mencegah virus covid-19, kita dapat memperkuat imunitas tubuh. Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk memperkuat imun tubuh yaitu rutin berolahraga, menjaga pola makan yang sehat, dan istirahat yang cukup. Selain itu hal yang tidak kalah penting untuk meningkatkan imun tubuh adalah berjemur di bawah sinar matahari.

  • Sinar matahari mengandung vitamin D

Manfaat yang paling sering diketahui orang-orang dari  vitamin D adalah kesehatan tulang dan gigi. Padahal vitamin D juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita salah satunya dapat meningkatkan imun tubuh. Sinar matahari pagi menghasilkan ultravioletyang apabila menyentuh permukaan kulit, akan berubah menjadi vitamin D. Dengan adanya vitamin D, sel-sel kekebalan tubuh akan lebih aktif dalam melawan virus-virus, termasuk virus covid-19.

Baca juga : 5 Manfaat Memelihara Hewan

Jika kamu merasa jenuh karena kondisi saat ini, kamu bisa melakukan berjemur di bawah sinar matahari. Hal ini tentu sangat bermanfaat di masa pandemi karena sinar matahari ternyata juga dapat meningkatkan suasana hati. Dengan berjemur, hati kita akan kembali tenang dan tentram.

Pos Terkait

Back to top button