Nasional

Peringati HUT Bhayangkara ke-73, Jajaran Baharkam Polri Tabur Bunga di Tanah dan Air

Baharkam Promoter! – Dalam rangka peringatan HUT Bhayangkara ke-73, yang jatuh pada 1 Juli 2019, jajaran Baharkam Polri gelar upacara tabur bunga di sejumlah tempat, pada Selasa, 2 Juli 2019.

Selasa pagi, sekitar pukul 07.30 WIB, dilakukan ziarah dan tabur bunga di Taman Makam Bahagia Cikeas Gunung Putri Bogor. Sebelumnya dilakukan upacara yang dipimpin oleh Anjak Utama Korsabhara Baharkam Polri, Irjen Pol Drs Bambang Purwanto SH, MSi.

Hadir dalam kegiatan ini sejumlah Pejabat Utama di lingkungan Mabes Polri, Pejabat Utama Baharkam Polri (Dirpolsatwa dan Dirpamobvit), dan sejumlah personel jajaran Mabes Polri. Turut hadir para purnawirawan Pati Polri, antara lain mantan Wakapolri Komjen Pol (Pur) Yusuf Mangga Barani.

Kemudian pada pukul 08.00 WIB, dilaksanakan kegiatan ziarah dan tabur bunga di laut Teluk Jakarta menggunakan Kapal Polisi (KP) Prahasata 7015. Sebelumnya, digelar upacara di Mako Ditpolair Korpolairud Baharkam Polri di Tanjung Priok, Jakarta Utara, yang dipimpin langsung oleh Kabaharkam Polri, Komjen Pol Drs Condro Kirono MM, M.Hum.

Upacara dihadiri oleh Kakorpolairud, Dirpolair, serta Pejabat Utama Korpolairud Baharkam Polri beserta Bhayangkari. Turut hadir para Pamen, Pama, Bintara, Tamtama, serta PNS jajaran Korpolairud.

Pada saat tabur bunga, disertakan keluarga korban Kapal Sadewa KP 506 yang tenggelam dalam kecelakaan laut dengan MV Riyalto Monrovia berbendera Liberia pada tanggal 14 Juli 2002 lalu. Adapun korbannya ABK atas nama Bharatu Sihbihis, Bharatu Yadi Manalu, dan Penda Nasution.

Turut hadir dalam kegiatan menuju Teluk Jakarta Kakorpolairud Baharkam Polri, Dirpolair Korpolairud Baharkam Polri, Dir Narkoba Bareskrim Polri, para Kasubdit jajaran Polair, serta purnawirawan Pati Polairud.

Saat prosesi tabur bunga, di sekeliling KP Prahasta 7015 juga didampingi dan dikawal oleh Speedboat Unit Tim Tactical Boarding, KP Kolibri 4015, KP Pelatuk 3013, KP Sundaicus 2001, KP Pemburu Cepat 2004, KP SBU 017, dan kapal patroli Ditpolairud Polda Metro Jaya.

“Polri dalam bertugas melayani masyarakat, harus dapat meneladani perjuangan pahlawan, bagaimana berkorban tanpa pamrih, tangguh dalam bekerja, serta memiliki motivasi yang tinggi untuk kemajuan organisasi,” pesan Komjen Pol Condro Kirono kepada jajarannya.

Pada sekitar pukul 08.00 WIB juga dilaksanakan kegiatan ziarah dan tabur bunga di Taman Pemakaman Umum Tanah Kusir, Jakarta Selatan. Sebelumnya dilakukan upacara yang dipimpin oleh Kepala STIK/PTIK, Irjen Pol Dr Aris Budiman. Kegiatan dihadiri oleh Pejabat Utama jajaran Mabes Polri, Pejabat Utama Baharkam Polri, serta personel Mabes Polri terdiri dari Pamen, Pama, Bintara, dan PNS.

[AKP Bambang AS]

Pos Terkait

Back to top button