Khazanah

Perjalanan Nabi (33), Perang dan Diplomasi Nabi, Perang Uhud

Terbunuhnya Hamzah
Penanusa.com – Namun di tengah berkecamuknya perang. Musibah menimpa kaum muslimin. Yaitu terbunuhnya Singa Allah; Hamzah bin Abdul Muththalib.

Hamzah terbunuh oleh seorang budak yang bernama Wahsyi yang secara khusus diperintahkan tuannya untuk membunuhnya dengan janji dimerdekakan.

Namun demikian, kaum muslimin tetap dapat menjaga kesolidannya sehingga kaum musyrikin sedikit demi sedikit terdesak dan banyak di antara mereka yang berguguran.

Keselahan Falat Regu Pemanah
Setelah melihat pasukan musyrikin kocar kacir meninggalkan medan pertempuran dan pasukan kaum muslimin mulai mengumpulkan ghanimah, regu pemanah lupa akan tugas utamanya karena tergoda oleh harta dunia.

Merekapun turun dari bukit tersebut untuk turut mengumpulkan ghanimah, padahal Rasulullah telah berpesan untuk tidak meninggalkan posisi mereka apapun yang terjadi sebelum mendapat perintah darinya.

Pemimpin merekapun; Abdullah bin Jubair telah memperingatkan untuk tidak melanggar perintah Rasulullah. Namun cinta dunia waktu itu telah menguasai diri sebagian pasukan. Maka turunlah 40 dari 50 pasukan untuk turut mengumpulkan ghanimah, sementara sisanya tetap bertahan di tempat mematuhi komandannya. Dilansir dari sirohnabawiyah.com. (*)

Pos Terkait

Back to top button