Khazanah

Perjalanan Nabi (36), Perang dan Diplomasi Nabi, Perang Uhud

Perang Uhud dalam al-Quran

Penanusa.com – Allah Ta’ala banyak memberikan pelajaran bagi kaum muslimin dalam al-Quran dari perang tersebut. Tercatat dalam surat Ali Imran, sebanyak 60 ayat Allah membicarakan perang Uhud dari sejak kejadian pertama kali :

“Dan (ingatlah), ketika kamu berangkat pada pagi hari dari (rumah) keluargamu akan menempatkan para mu’min pada beberapa tempat untuk berperang”. (QS. Ali Imran : 121)

Kemudian ayat-ayat itu ditutup dengan ayat yang berisi pelajaran umum dari peperangan tersebut;

“Allah sekali-kali tidak akan membiarkan orang-orang yang beriman dalam keadaan kamu sekarang ini, sehingga Dia menyisihkan orang yang buruk (munafik) dari yang baik (mu’min). Dan Allah sekali-kali tidak akan memperlihatkan kepadamu hal-hal yang ghaib, akan tetapi Allah memilih siapa yang dikehendaki-Nya di antara Rasul-Rasul-Nya. Karena itu berimanlah kepada Allah dan rasul-rasul-Nya; dan jika kamu beriman dan bertakwa, maka bagimu pahala yang besar” (QS. Ali Imron : 179)

Pelajaran Lain dari Perang Uhud
Akibat perbuatan maksiat dan melanggar aturan yang telah ditetapkan, sebagaimana yang telah dilakukan oleh pasukan pemanah.

Para rasul dalam dakwahnya juga mendapatkan ujian dan kadang kekalahan. Hal tersebut untuk membuktikan bahwa mereka juga adalah manusia biasa yang tidak tertutup kemungkinan mengalami apa yang umum dialami manusia.

Dengan adanya cobaan tersebut, kaum muslimin dapat mengetahui siapa di antara mereka yang teguh dalam perjuangannya dan siapa yang keimanannya hanya terbatas ucapannya saja (munafiq).

Syahadah (mati dalam pertempuran di jalan Allah) merupakan kedudukan tertinggi bagi mujahid di jalan Allah Ta’ala.

Perjuangan menghadapi kaum kafir juga harus menyertakan sebab-sebab yang dapat mendatangkan kemenangan tersebut. Dilansir dari sirohnabawiyah.com. (*)

Pos Terkait

Back to top button