Khazanah

Perjalanan Nabi (54), Akhir Kenabian

Bai’at Penduduk Mekkah

Penanusa.com – Setelah Allah menundukkan kota Mekkah di tangan Rasulullah dan kaum muslimin, maka jelaslah kebenaran bagi penduduk Mekkah dan mereka sadar bahwa tidak ada jalan keselamatan kecuali Islam.

Akhirnya mereka tunduk dan menyatakan bai’at kepada Rasulullah dan menyatakan kepatuhan dan ketaatannya kepada Rasulullah¬.

Rasulullah tinggal di Mekkah selama 19 hari. Selama itu beliau memperbaharui kembali rambu-rambu Islam, menyerukan manusia kepada petunjuk dan taqwa.

Beliau juga memerintahkan Abu Usaid al-Khuza’i untuk memperbarui batas tanah haram, beliau pun mengirim tim-tim khusus untuk dakwah dan menghancurkan berhala di sekitar Mekkah. Lalu seseorang berteriak di kota Mekkah:

“Siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir, janganlah dia biarkan ada berhala di rumahnya kecuali dia hancurkan”.

Penaklukan kota Mekkah telah mengubah sejarah kaum muslimin, dimana kekuasan kaum musyrikan dengan penyembahan berhalanya berhasil ditundukkan dan tidak lagi diberi kesempatan dan peluang.

Kini kekuatan politis dan agama di Jazirah Arabia dan sekitarnya berada di tangan kaum muslimin. Dilansir dari sirohnabawiyah.com. (*)

Pos Terkait

Back to top button