Perjalanan Nabi (66), Akhir Kenabian, Menghadap ke Haribaan Allah

Bagikan :

Share on facebook
Share on twitter
Perjalanan Nabi (66), Akhir Kenabian, Menghadap ke Haribaan Allah
Perjalanan Nabi (66), Akhir Kenabian, Menghadap ke Haribaan Allah

Sakratulmaut
Penanusa.com – Mulailah saat-saat Sakratulmaut. Rasulullah berada di pangkuan Aisyah. Saat itu, Abdurrahman bin Abu Bakar datang membawa siwak. Rasulullah memandang ke arahnya.

“Mau aku ambilkan untukmu ?”, tanya Aisyah kepada Rasulullah, karena dia tahu bahwa Rasulullah menyenangi siwak. Rasulullah menganggukkan kepalanya tanda setuju. Lalu digosokkannya siwak tersebut ke mulut beliau.

Di hadapan Rasulullah terdapat air dalam sebuah wadah. Beliau memasukkan kedua tangannya dalam wadah tersebut dan mengusapkan ke wajahnya seraya berkata :

“Laa Ilaaha Illallah, sesungguhnya setiap kematian ada sekaratnya”

Persis setelah beliau selesai bersiwak, beliau mengangkat tangannya dan jarinya, dan matanya memandang ke arah langit-langit, bibirnya bergerak-gerak, Aisyah berusaha mendengarkannya beliau mengucapkan:

“Bersama-sama dengan orang-orang yang dianugrahi ni’mat oleh Allah, yaitu: Nabi-nabi, para shiddiqin, orang-orang yang mati syahid dan orang-orang shaleh. Dan mereka itulah teman yang sebaik-baiknya. Yang demikian itu adalah karunia dari Allah, dan Allah cukup mengetahui” (QS. an-Nisa 69-70)

“Ya Allah, ampuni dan kasihilah aku, pertemukan aku dengan teman-teman yang tinggi (kedudukannya), ya Allah pertemukan aku dengan teman-teman (yang tinggi kedudukanya)

Beliau mengulangi kalimat tersebut sebanyak tiga kali, kemudian tangannya lemas dan akhirnya nyawanya terpisah dari tubuhnya. Inna Lillahi Wa Innaa ilaihi Raji’un.

Peristiwa tersebut, terjadi pada waktu Dhuha, hari Senin 12 Rabi’ul Awwal, tahun 11 H. Tepat pada usia Rasulullah 63 tahun lebih empat hari. Dilansir dari sirohnabawiyah.com. (*)

Kabar Utama:

Kabar Terbaru:

logo 120x120

Rekam Jejak Indonesia

Portal berita online terkini hari ini dari media mainstream terbaik dan terpercaya

Ikuti Kami

©2021 penanusa.com. All rights reserved.

Tentang Kami | Redaksi | Pedoman Media Siber | Privacy Policy | Hubungi Kami