Gaya Hidup

Perlu Dicatat! Agar Imun Optimal, Ini yang Harus Dilakukan Sebelum dan Setelah Vaksinasi COVID-19

Penanusa.com – Seorang dokter sekaligus anggota tim penanganan COVID-19 mengungkapkan apa yang perlu diperhatikan sebelum dan setelah vaksinasi COVID-19.

Ialah dr Muhammad Fajri Adda’i, seorang tenaga kesehatan yang telah menerima vaksinasi COVID-19 dosis pertama beberapa waktu lalu.

Dokter Fajri mengaku, sebelum menerima suntikan vaksin COVID-19, dia secara khusus mengosongkan jadwalnya.

Baca juga: Pertama di Dunia, Registrasi Vaksinasi COVID-19 di Indonesia Bisa melalui WA

“Saya juga tidur cukup supaya reaksi imun yang terbentuk akan lebih bagus dan optimal,” katanya pada Dialog Produktif bertema “KIPI: Kenali dan Atasi”, yang diselenggarakan oleh Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN), Rabu, 20 Januari 2021.

Tak hanya sebelum, menurut dr Fajri beberapa hal juga penting dilakukan dan diperhatikan setelah vaksinasi.

“Kemudian untuk beberapa hari ke depan, jangan terlalu capek, makan gizi seimbang, jangan begadang, jangan stres,” ungkapnya.

Sementara itu, terkait adanya keraguan masyarakat akan kejadian ikutan pasca-imunisasi (KIPI), dr Fajri berpesan agar masyarakat tak perlu khawatir dan tidak mendengarkan hoaks.

“Saya melihat sendiri laporan terkait vaksin ini untuk mendapatkan kajian ilmiahnya. Dari laporan Badan Pengawas Obat dan Makanan (Badan POM) maupun yang dari Brazil menunjukkan bahwa relatif aman dengan KIPI di bawah 1 persen, rendah sekali. Kemudian dari pengalaman teman lain yang sudah disuntik juga aman,” jelasnya. (*)

Baca juga: Setelah Divaksinasi COVID-19, Presiden Jokowi: Ada Sedikit Rasa Pegal

Pos Terkait

Back to top button