Nasional

Pimpin Rapat Perdana, Kabaharkam Polri Sentil Syaraf Kreativitas Jajarannya untuk Indonesia Maju

Baharkam Promoter! – Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri, Irjen Pol Drs Agus Andrianto SH, MH, tandai hari pertama bertugas dengan memimpin rapat internal Baharkam Polri di Ruang Kerja Kabaharkam Polri, Kompleks Mabes Polri, Jakarta, Selasa, 17 Desember 2019.

Hadir dalam rapat perdana pimpinan Irjen Pol Agus Andrianto tersebut Kakorbinmas Baharkam Polri, Kabagopsnalev Korsabhara mewakili Kakorsabhara Baharkam Polri, Kabagkerma Korpolairud mewakili Kakorpolairud Baharkam Polri, dan Kabagren yang mewakili Karobinopsnal dan Karorenmin Baharkam Polri.

Rapat tersebut beragendakan arahan pejabat baru Kabaharkam Polri untuk Mewujudkan Baharkam Maju Menuju Indonesia Maju.

Dalam arahannya, Irjen Pol Agus Andrianto mengingatkan, sesuai program prioritas Kapolri, bahwa domain Baharkam Polri ada di poin pemantapan pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat (Harkamtibmas) dan penguatan sinergi polisional.

Baharkam Polri adalah satuan di bawah Kapolri yang memiliki struktur organisasi yang lengkap, terdapat tugas preemtif, preventif, dan penegakan hukum. Selain itu, Baharkam Polri juga memiliki struktur organisasi yang besar, dengan tiga korps yang dipimpin oleh jenderal bintang dua, dan dibantu tujuh direktur berpangkat jenderal bintang satu, serta dibantu dua kepala biro berpangkat jenderal bintang satu.

Di institusi Polri, jelas Kabaharkam Polri, hanya Satker Baharkam Polri yang memiliki pejabat dengan eselon terlengkap serta didukung personel tiga matra, baik darat, laut, dan udara, yang siap digerakkan kapan saja untuk mendukung kegiatan operasional Polri dalam memberikan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat, serta penegakan hukum.

Kabaharkam Polri berharap, semua Satker Baharkam Polri mampu membuat suatu inovasi kreatif yang hasilnya harus benar-benar dapat dirasakan manfaatnya secara langsung oleh masyarakat.

“Keamanan suatu negara ditentukan oleh bagaimana kesejahteraan masyarakat di wilayah tersebut. Bagaimana mau aman bila masyarakatnya yang ada di wilayah tersebut masih dihantui oleh kemiskinan dan kelaparan? Atau masih ribut untuk mencari makan? Ataupun masyarakatnya masih sakit-sakitan dan butuh obat-obatan?” kata Irjen Pol Agus Andrianto coba menyentil syaraf kreativitas jajarannya.

Oleh karena itu, Kabaharkam Polri berharap kegiatan bakti sosial dan bakti kesehatan yang telah dilalukan oleh Korbinmas dapat terus dilanjutkan dan dapat diikuti dengan kegiatan sejenis atau yang lebih baik oleh satker-satker lainnya.

[AKP Bambang AS]

Pos Terkait

Back to top button