Nasional

Polisi Air dan Udara Rayakan HUT ke-68

Baharkam Promoter! – Kepolisian Perairan dan Udara (Polairud) memperingati hari jadinya yang ke-68, Sabtu, 1 Desember 2018.

Hari Ulang Tahun (HUT) Polairud kali ini mengusung tema “Dengan Semangat Promoter, Polairud Siap Mengamankan Pemilu 2019 Dalam Rangka Mendukung Pembangunan Nasional”.

Selain itu, Korps Polairud Baharkam Polri juga telah menyiapkan serangkaian kegiatan dalam peringatan HUT-nya tahun ini. Kegitan itu adalah sebagai berikut:

1. Kegiatan olahraga bersama.

2. Bakti sosial ke panti asuhan.

3. Donor darah.

4. Puncak kegiatan tanggal 3 Desember 2018 yang dilaksanakan di Mako Ditpolair Korpolairud Baharkam Polri dengan acara peresmian kapal dan helikopter Polri serta syukuran HUT Polairud ke-68.

Sejarah Polairud

Polairud merupakan pelaksana tugas pokok dan fungsi Polri di wilayah perairan Indonesia yang memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan masyarakat, pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat, serta penegakan hukum yang tersebar dari tingkat kewilayahan hingga tingkat Mabes Polri.

a. Adanya Surat Keputusan (SK) Perdana Menteri Nomor 510/p.m./1950 tanggal 5 Desember 1950 mengenai pembentukan Bagian Polair.

b. Kemudian Menteri Dalam Negeri (Mendagri) juga mengeluarkan SK Mendagri No 4/2/3/um tanggal 14 Maret 1951 mengenai pemersatuan kesatuan-kesatuan kepolisian.

c. Pemerintah membentuk Seksi Udara pada akhir tahun 1955 dengan diterbitkannya SK Perdana Menteri No 510/p.m./1956 tanggal 5 Desember 1955.

d. Selanjutnya berdasarkan SK Mendagri tersebut ditetapkan Kepolisian Perairan dan Udara sebagai bagian dari DKN terhitung mulai 1 Desember 1950.

Visi & Misi Polairud

Visi

Terwujudnya Korpolairud sebagai pemelihara Kamtibmas, memberikan perlindungan, pengayoman, Pelayanan, dan penegakan hukum di wilayah perairan dan udara yang profesional, proporsional, modern, dan dipercaya masyarakat.

Misi

 Menjamin keamanan dan ketertiban di wilayah perairan yang didukung dengan surveilence pesawat udara.

 Memenuhi kebutuhan personel Korpolairud sesuai kebutuhan organisasi secara kuantitas dan kualitas.

 Meningkatkan pelayanan kepada masyarakat akan kepastian hukum, ketertiban, ketentraman, kedamaian, keadilan yang kondusif bagi usaha dan lapangan kerja masyarakat khususnya di wilayah perairan.

 Mendorong perangkat masyarakat untuk lebih berperan aktif dalam mewujudkan kehidupan masyarakat yang sejahtera.

 Mewujudkan mewujudkan modernisasi sistem teknologi dan informasi Polairud.

 Meningkatkan kerja sama baik lintas sektoral maupun internasional.

 Memberikan bantuan terhadap korban bencana alam (SAR).

 Mengoptimalkan penerapan metode yang tepat sehingga dapat mendukung peningkatan patroli Polairud yang efektif.

“Semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberikan petunjuk dan bimbingan kepada kita semua dalam melanjutkan pengabdian kepada masyarakat, bangsa, dan negara. ‘Arnavat Darpha Mahe, Cakra Buana Samapta,'” demikian harapan Kakorpolairud Baharkam Polri Irjen Pol Drs M Chairul Noor Alamsyah SH, MH, sembari mengucap motto Polairud.

[AKP Bambang AS]

Pos Terkait

Back to top button