HeadlineHukum

Polri Berhasil Cegah Aksi Terorisme dan Tangkap 228 Tersangka Sepanjang 2020

Penanusa.com – Kapolri, Jenderal Pol Idham Azis, pimpin Rilis Akhir Tahun 2020 yang diselenggarakan secara Daring melalui Zoom Meeting dan menerapkan protokol kesehatan ketat, Selasa, 22 Desember 2020.

Dalam sambutannya, Jenderal Pol Idham Azis mengungkapkan sejumlah capaian jajaran Polri sepanjang 2020, salah satunya terkait tindak pidana terorisme di beberapa wilayah di Indonesia.

“Sepanjang tahun 2020 juga Polri telah melakukan pencegahan aksi terorisme di wilayah Indonesia dengan menangkap sebanyak 228 tersangka yang terbaru,” kata Jenderal Pol Idham Azis.

Di antara 228 tersangka itu, ada nama Upik Lawanga dan Zukarnaen, yang sudah jadi buron selama hampir 20 tahun.

Baca juga: Hari Ini Polri Gelar Rilis Akhir Tahun 2020

Upik Lawanga merupakan anggota kelompok Jamaah Islamiah (JI) yang mendalangi beberapa aksi teror, seperti pengeboman Tentena, GOR Poso, dan Pasar Sentral.

Sementara Zulkarnaen berperan menyembunyikan Upik selama pelariannya. Zulkarnaen adalah pimpinan Askari Markaziah JI. Ia merupakan pelatih akademi militer di Afganistan selama tujuh tahun.

Upik Lawanga berhasil ditangkap oleh Polri pada 23 November 2020 di Lampung Tengah dan Zulkarnain dibekuk Tim Densus 88 Antiteror Polri pada 10 Desember 2020 di wilayah Lampung Timur. (*)

Baca juga: Polisi Ungkap Jamaah Islamiyah Lakukan Kaderisasi Teroris Muda Siap Tempur

Pos Terkait

Back to top button