Nasional

Polri Siap Gunakan Kapal Buatan Anak Bangsa untuk Dekatkan Diri kepada Masyarakat

Baharkam Promoter! – Jajaran Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) siap mendukung dan mengembangkan serta memanfaatkan hasil produksi anak bangsa untuk dukung operasional Polri.

Hal itu disampaikan Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri, Komjen Pol Drs Agus Andrianto SH, MH, saat mengunjungi PT PAL Indonesia (Persero) di Surabaya, Jawa Timur, Selasa, 4 Februari 2020. Menurutnya, Polri siap memasan kapal buatan PT PAL.

“Yang dibutuhkan Polri adalah kapal angkut pasukan sekaligus untuk angkut perbekalan atau logistik dan patroli, bila memungkinkan untuk medis. Kapal yang multifungsi,” kata Komjen Pol Agus Andrianto dalam sambutannya.

Menurut Kabaharkam Porli, nantinya kapal yang dipesan dari PT PAL akan dimanfaatkan sebaik-baiknya agar Polri, melalui Ditpolair Korpolairud Baharkam Polri, dapat mendekatkan diri dan menggapai seluruh lapisan masyarakat.

“Orientasi Polri adalah bagaimana Polri bisa berbuat banyak untuk masyarakat dan semakin dicintai oleh masyarakat dengan kehadiran petugas Polri di tengah-tengah masyarakat,” jelasnya

Rencana tersebut mendapat sambutan baik dari Direktur Utama PT PAL, Budiman Saleh. Menurutnya, hal itu sejalan dengan target Presiden Joko Widodo yang menginginkan kemandirian dalam bidang perkapalan dan energi.

Direktur Pembangunan Kapal PT PAL, Turitan Indaryo, menambahkan bahwa perusahaan perkapalan BUMN ini memiliki reputasi andalannya adalah kapal cepat rudal yang sulit dideteksi kapal selam.

“PT PAL tidak akan mengklaim menjadi yang terbaik. Tetapi kami selalu belajar dari tim yang terbaik dari negara lain sehingga kami bisa mengalahkan guru kami saat tender terbuka internasional,” kata Turitan.

Sementara itu, Kakorpolairud Baharkam Polri, Irjen Pol Drs Lotharia Latif SH, M.Hum, berharap agar kapal yang akan dipesan Polri dilengkapi dengan sistem persenjataan. Karena, menurutnya, ke depan Polri akan mengembangkan tiga wilayah untuk menangani pengamanan laut teritorial Indonesia yang membutuhkan peralatan kapal yang memadai.

Selanjutnya, Kabaharkam Polri dan rombongan berkesempatan meninjau fasilitas yang ada di PT PAL.

[AKP Bambang AS]

Pos Terkait

Back to top button