HeadlineNasional

Postingan IG Jokowi di Tengah Isu Reshuffle Kabinet: Yang Baru Harus Lebih Baik!

Penanusa.com – Isu tentang reshuffle kabinet terus berhembus kencang setidaknya sejak sepekan lalu. Apalagi Senin kemarin, Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin sempat melakukan pertemuan empat mata di Istana, Jakarta.

Juru Bicara Wapres, Masduki Baidlowi, mengatakan pertemuan selama tiga jam lebih itu membahas soal isu strategis. Walau tak memastikan bahwa yang dibahas adalah soal reshuffle, pertemuan itu membuat isu reshuffle berhembus semakin kencang.

Di tengah kencangnya hembusan isu reshuffle, tiba-tiba Presiden Jokowi membuat postingan lewat akun Instagram @jokowi yang memajang sebuah gambar rel kerta api dengan hiasan matahari di ufuk yang bersinar temaram. Pada gambar itu ada tulisan “Yang baru harus lebih baik!”

Baca juga: Gibran Rakabuming Dikaitkan Dugaan Korupsi Bansos Kemensos, Ini Respon KPK

“Yang lalu biarlah berlalu, menjadi kenangan, juga pelajaran. Kita menatap hari esok dengan tekad, semangat, dan memancang harapan yang baru,” tulis @jokowi mengiringi postingan tersebut, Selasa, 22 Desember 2020.

Postingan itu menambah kuat hembusan isu reshuffle.

Menurut isu yang beredar, ada enam kursi menteri yang akan mengalami pergantian, di antaranya tentu Menteri Kelautan dan Perikanan dan Menteri Sosial yang tersangkut kasus korupsi.

Seorang pengamat mengatakan, sejak kepemimpinan periode pertama, Presiden Jokowi sudah melakukan empat kali reshuffle kabinet. Uniknya, keempatnya konsisten dilakukan di hari Rabu.

Reshuffle I: Rabu, 12 Agustus 2015
Reshuffle II: Rabu, 27 Juli 2016
Reshuffle III: Rabu, 17 Januari 2018
Reshuffle IV: Rabu, 15 Agustus 2018

Maka, dia menduga, reshuffle kabinet kali ini juga akan dilakukan di hari Rabu. “Lalu pada hari Rabu di minggu ke berapa pada bulan Desember 2020 Presiden Jokowi akan melakukan reshuffle?” katanya. (*)

Baca juga: Presiden Jokowi: Saya yang Akan Divaksin Pertama Kali

Pos Terkait

Back to top button