Presiden Jokowi Kembali Ingatkan Pentingnya Disiplin Prokes

Bagikan :

Share on facebook
Share on twitter
Presiden Jokowi Kembali Ingatkan Pentingnya Disiplin Prokes
Presiden Jokowi Kembali Ingatkan Pentingnya Disiplin Prokes

Penanusa.com – Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi), kembali mengingatkan kepada seluruh masyarakat Indonesia pentingnya tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan (prokes) untuk menekan persebaran infeksi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).

Hal itu disampaikan Presiden Jokowi sebagai imbangan program vaksinasi yang telah dimulai pemerintah sejak 13 Januari 2021 lalu.

“Vaksinasi COVID-19 sudah kita mulai. Di luar itu, yang paling penting adalah tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan,” kata Presiden Jokowi melalui berbagai platform media sosial pribadinya, salah satunya melalui akun Instagram @jokowi, Sabtu, 30 Januari 2021.

Baca juga: Presiden Jokowi: Vaksin Adalah Ikhtiar, Disiplin Kita Penentunya!

Bersamaan dengan itu Jokowi menggunggah video yang menggambarkan berbagai suasana di Indoensia di balik siluet seorang perempuan bermasker. Di bagian atas video terpampang tulisan “Masker adalah perisai untuk diri dan lingkunganmu”.

Sebelumnya Presiden Jokowi telah menerima dua kali suntikan dosis vaksin COVID-19. Yang pertama pada tanggal 13 Januari 2021, yang menandai awal dimulainya vaksinasi COVID-19 di Indonesia. Saat itu Presiden Jokowi adalah penerima suntikan pertama.

Suntikan yang kedua diberikan 14 hari kemudian, yakni pada 27 Januari 2021. Dosis yang disuntikkan setiap tahapnya itu masing-masing berukuran 0,5 mililiter. Vaksin yang digunakan adalah CoronaVac produksi Sinovac Life Science Co.Ltd yang telah mendapat fatwa suci dan halal dari MUI serta izin penggunaan darurat dari Badan POM.

Juru Bicara Pemerintah untuk Vaksinasi COVID-19, dr Reisa Brotoasmoro, menjelaskan vaksinasi dosis pertama bertujuan untuk mengenalkan vaksin dan kandungan yang ada di dalamnya kepada sistem kekebalan tubuh, juga untuk memicu respons kekebalan awal.

Sementara suntikan kedua bertujuan untuk menguatkan respons imun yang telah terbentuk sebelumnya.

“Dua dosis suntikan ini akan memicu respons antibodi yang lebih optimal dan lebih efektif di masa yang akan datang,” terang dr Reisa, kemudian menambahkan bahwa antibodi tersebut baru akan optimal 14-28 hari setelah suntikan kedua dilakukan. (*)

Baca juga: Hari Ini Presiden Jokowi Terima Suntikan Vaksinasi COVID-19 Dosis Kedua

Topik Lainya:

Kabar Terkait:

Kabar Utama:

Kabar Terbaru:

logo 120x120
Rekam Jejak Indonesia

Portal berita online terkini hari ini dari media mainstream terbaik dan terpercaya

Ikuti Kami

©2021 penanusa.com. All rights reserved.

Tentang Kami | Redaksi | Pedoman Media Siber | Privacy Policy | Hubungi Kami