HeadlineNasional

Program Vaksinasi COVID-19 di Indonesia Dimulai Hari Ini 13 Januari 2021

Penanusa.com – Pemerintah Republik Indonesia akan memulai program vaksinasi COVID-19 secara gratis pada hari ini, Rabu, 13 Januari 2021.

Sebagai tanda mulai, Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi), menjadi orang pertama yang akan disuntikkan vaksin tersebut.

“Insya Allah, Bapak-Ibu, kita akan mulai di hari Rabu dan akan dimulai oleh Bapak Presiden,” kata Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin, di Kantor Presiden, Jakarta, Senin kemarin.

Dimulainya program vaksinasi tersebut setelah mendapat lampu hijau dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Baca juga: Update COVID-19 Per 12 Januari 2021: Ada Tambahan 10.047 Kasus Terkonfirmasi dan 7.068 Pasien Sembuh

Pada Jumat, 8 Januari 2021, Komisi Fatwa MUI mengumumkan hasil kajiannya yang menyatakan bahwa vaksin COVID-19 buatan Sinovac suci dan halal.

“Yang terkait aspek kehalalan, setelah dilakukan diskusi panjang penjelasan auditor, rapat Komisi Fatwa menyepakati bahwa vaksin COVID-19 yang diproduksi Sinovac Lifescience, yang sertifikasinya diajukan Bio Farma, suci dan halal,” kata Ketua MUI Bidang Fatwa, KH Asrorun Niam Sholeh, waktu itu.

Kemudian pada Senin, 11 Januari 2021, giliran BPOM mengumumkan telah memberikan persetujuan penggunaan darurat atau emergency use authorization (EUA) untuk vaksin COVID-19.

“Pada hari ini, Senin, tanggal 11 Januari 2021, Badan POM memberikan izin penggunaan dalam kondisi emergency (emergency use authorization) untuk vaksin COVID-19 yang pertama kali kepada vaksin CoronoVac produksi Sinovac Biotech Inc yang bekerja sama dengan PT Bio Farma,” kata Kepala BPOM, Penny K Lukito, dalam keterangan persnya di Jakarta.

Vaksinasi akan dilakukan pada sekitar 181,5 juta penduduk Indonesia untuk memperoleh kekebalan komunitas atau herd immunity. Pelaksanaannya akan dilakukan secara bertahap dengan prioritas pertama adalah para tenaga kesehatan sebagai garda terdepan dalam penanganan COVID-19. (*)

Baca juga: Menteri Agama: Vaksinasi Bagian dari Upaya Menjalankan Ajaran Agama

Pos Terkait

Back to top button