BeritaEkonomi

PSBB DKI Tahap 3 Berakhir Hari Ini, Begini Suasana Pasar Tanah Abang

Jakarta – Status pembatasan sosial berakal besar (PSBB) tahap 3 di Jakarta berakhir hari ini. Para pedagang di pasar Tanah Abang Jakarta mulai bersiap memasukkan barang dagangan ke dalam toko.

Pantauan detikcom di lokasi pukul 11.35 WIB, beberapa pedagang di blok B sedang menata barang dagangan dengan karung. Barang-barang itu kemudian dibawa masuk ke dalam pasar untuk ditaruh ke toko.

Salah seorang pedagang baju yang tidak ingin disebut namanya mengatakan barang dagangan diambil dari gudang. Meski belum mengetahui kapan pasar akan dibuka, namun dia mengaku barang tersebut dibawa untuk persiapan dan juga stok.

“Ini kaos, dari gudang mau dibawa ke dalam (toko) buat stok. Ya persiapan aja. Belom (info pasar buka), kalau persiapan harus daripada kita mendadak,” katanya di lokasi, Kamis (4/6/2020).

Untuk dapat mengambil dan mengeluarkan barang, para pedagang harus mengantongi izin berupa surat yang dibuat oleh pengelola. Pedagang tersebut mengaku selama pasar ditutup akibat virus Corona, dia menjual barang dagangannya secara online.

“Harus ada izin dari dalem, kalau nggak ada izin nggak bisa masuk. Online (jual barang), itu aja udah ada pesenan online buat dikirim, ya kita ada langganannya, kalau diminta kirim ya kita kirim gitu,” ujarnya.

Pedagang itu menuturkan surat izin tersebut merupakan surat izin untuk keluar masuk barang. Surat izin tersebut untuk mengantisipasi adanya penyusup yang mencuri barang dagangan milik pedagang.

“Nggak (surat buat buka toko) ya taruh barang aja. Ya harus punya toko di sini kalau nggak, nggak bisa. Kalau kita nggak bawa (surat izin) ya ditolak (masuk ke dalam pasar),” ucapnya.

Pedagang tersebut mengaku mengalami penurunan omset sejak pasar ditutup karena pandemi Corona. Dia mengatakan bila pasar dibuka akan diinformasikan lebih lanjut oleh pihak pengelola yakni PD Pasar Jaya.

“Oh belum, nanti kalau ada info dikasih tahu nanti dikabarin lagi. Aduh bukan turun lagi (omset) buat anak buah aja itu (penghasilan). Cuma kita itu nggak gini… anak buah mau makan apa dia punya istri punya anak. Penginnya mah cepet buka, tapi kalau keadaan begini mah gimana kita kan nggak bisa…,” katanya.

“Dari akhir Maret (pasar ditutup). Udah hampir satu tahun di sini blok B lantai 2. Ya nanti kan ada diedar suratnya (terkait kepastian pasar buka kembali),” sambung pedagang tersebut.

Di lokasi yang sama, Kepala keamanan blok B pasar Tanah Abang, Kamal mengatakan para pedagang memasukkan barang untuk persiapan. Dia juga belum mengetahui kapan pasar Tanah Abang akan kembali dibuka.

“Persiapan aja (memasukkan barang dagangan) siapa tahu besok udah buka kan kita belum tahu semua belum tau,” kata Kamal.

Kamal menyampaikan, pedagang diperbolehkan untuk mengambil barang dagangannya sejak pukul 08.00 WIB hingga 15.00 WIB. Dikatakan Kamal, pedagang hanya diperbolehkan melakukan aktivitas keluar masuk barang dengan berbekal surat izin.

“Dari pagi boleh, dari jam 08.00 pagi sampai jam 15.00. Boleh (keluar masuk barang), tapi kalau keluar harus bikin surat dulu kalau keluar masuk barang. Boleh (keluar masuk barang), kan sebelum PSBB. Jualannya di rumah online ngambil barangnya di sini. Kalau jualan di sini enggak boleh,” tuturnya.

Di lokasi juga terlihat pengelola sedang memasang tempat pencuci tangan. Beberapa tempat pencuci tangan sudah terlihat di depan pintu masuk pasar.

Pos Terkait

Back to top button