Nasional

Puncak HUT Satpam ke-39: Dipimpin Kapolri dan Dimeriahkan Satpam Cantik

Baharkam Promoter! – Upacara puncak peringatan Hari Ulang Tahun Satuan Pengamanan (HUT Satpam) ke-39 Tahun 2019 digelar di Lapangan Hitam Sepolwan Lemdiklat Polri, Jakarta, Rabu, 22 Januari 2020.

Upacara ini dipimpin oleh Kapolri Jenderal Pol Drs Idham Azis MSi, dan dihadiri ribuan Satpam dari berbagai daerah serta sejumlah Satpam cantik (wanita).

Turut hadir Wakapolri Komjen Pol Dr Drs Gatot Eddy Pramono MSi, Kabaharkam Polri Komjen Pol Drs Agus Andrianto SH, MH, Kabaharkam Polri Komjen Pol Drs Listyo Sigit Prabowo MSi, Kakorbinmas Baharkam Polri Irjen Pol Drs Herry Wibowo MH, dan pejabat Polri lainnya.

Kegiatan diawali dengan upacara bendera, disusul peragaan keterampilan Satpam, dan diakhiri dengan pemotongan tumpeng yang potongan pertamanya dilakukan oleh Kapolri.

Adapun peragaan yang ditampilkan adalah beladiri Polri dan pencak silat Betawi dari Satpam Polda Metro Jaya, tari Jaipong dari Satpam Wanita Polda Jawa Barat, dan Debus dari Satpam Polda Banten.

“Saya juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh anggota Satpam, pimpinan Badan Usaha Jasa Pengamanan, pengurus Asosiasi Jasa Pengamanan, serta segenap stakeholders terkait lainnya, atas kerja sama sinergis dalam memelihara stabilitas kamtibmas yang kondusif. Semoga sinergisitas ini senantiasa terpelihara dengan baik dan terus ditingkatkan,” kata Jenderal Pol Idham Azis dalam amanatnya.

HUT Satpam sendiri sebenarnya diperingati setiap tanggal 30 Desember, berdasarkan Surat Keputusan Kapolri Nomor SKEP/126/XII/1980 tanggal 30 Desember 1980 tentang Pola Pembinaan Satpam, yang menjadi cikal-bakal sejarah terbentuknya Satpam. Yang menjabat sebagai Kapolri saat itu adalah Jenderal Pol (Purn) Prof Dr Awaloedin Djamin.

Kemudian pada tanggal 30 Desember 1993, Polri mengukuhkan Jenderal Pol (Purn) Awaloedin Djamin sebagai Bapak Satpam dan tanggal 30 Desember 1980 ditetapkan sebagai hari lahir Satpam.

[AKP Bambang AS]

Pos Terkait

Back to top button