Nasional

Puncak Syukuran Peringatan HUT Polairud Dihadiri Kapolri

Baharkam Promoter! – Korps Kepolisian Perairan dan Udara (Korpolairud) Baharkam Polri gelar syukuran puncak rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kepolisian Perairan dan Udara ke-68 di Mako Ditpolair Korpolairud Baharkam Polri, Jakarta, Senin, 3 Desember 2018.

Dalam sambutannya, Kabaharkam Polri Komjen Pol Drs Moechgiyarto SH, M.Hum, mengucapkan terima kasih kepada Kapolri Jenderal Pol Prof H Muhammad Tito Karnavian PhD, yang di sela-sela kesibukannya masih menyempatkan diri hadir pada syukuran tersebut.

“Kami informasikan bahwa kegiatan peringatan HUT ke-68 Kepolisian Perairan dan Udara dilaksanakan secara serentak oleh seluruh jajaran Korpolairud di seluruh Polda, yang dilakukan secara sederhana tanpa kegiatan parade dan defile, namun dilaksanakan dengan kegiatan syukuran atau selamatan sebagai bentuk ungkapan terima kasih kepada Allah SWT atas kelancaran Korpolairud Baharkam Polri dalam melaksanakan tugasnya,” ungkap Komjen Pol Moechgiyarto.

Dalam acara syukuran ini, lanjut Kabaharkam Polri, akan dilaksanakan tradisi pemotongan tumpeng oleh Kapolri dan diberikan kepada anggota Korpolairud Baharkam Polri, atas nama:

1. AKBP Agus Herli Sudiawan SE, MM, Kasidalwil Patroli Udara Ditpoludara Korpolairud Baharkam Polri, yang telah melaksanakan tugas kemanusiaan pada saat bencana gempabumi di Lombok, Nusa Tenggara Barat, serta gempabumi dan tsunami di Palu-Donggala, Sulawesi Tengah;

2. Kompol Capt Sukoco SST, MM, M.Mar, Komandan Kapal Polisi (KP) Nakula 7002 Ditpolair Korpolairud Baharkam Polri yang telah berhasil menyelamatkan kapal pada saat gempabumi dan tsunami di Palu-Donggala.

“Di samping itu, juga ditampilkan pertunjukan Rampak Gendang yang merupakan kolaborasi antara anggota Korpolairud Baharkam Polri dengan anggota TNI-AL sebagai perwujudan sinergitas TNI-Polri, yang menunjukkan adanya kekompakan dan kebersamaan dalam melaksanakan tugas di lapangan,” Komjen Pol Moechgiyarto menambahkan.

Di bagian akhir syukuran, akan diresmikan penggunaan beberapa alat utama Korpolairud Baharkam Polri berupa 23 unit kapal patroli Polri dan 2 unit pesawat udara yang berasal dari pengadaan:

1. Satu unit kapal patroli lepas pantai (KP Yudistira 8003) melalui program pinjaman dalam negeri TA 2015;

2. Lima unit kapal patroli cepat (KP Laksmana 7012, KP Wibisana 7013, KP Bima 7014, KP Prahasta 7015, dan KP Anggada 7016) melalui program pinjaman luar negeri (softloan) negara Korea Selatan;

3. Dua unit kapal patroli cepat (KP Ibis 6001 dan KP Kasturi 6002) melalui prigram kredit ekspor TA 2009;

4. Lima belas unit kapal pemburu cepat melalui program APBN TA 2018; dan

5. Satu unit pesawat terbang jenis CN 295 dan satu unit helikopter jenis Bell 412 EP melalui program KSA TA 2011.

“Selanjutnya berkenan Bapak Kapolri untuk meresmikan secara simbolik terhadap penggunaan 10 unit kapal patroli Polri dan satu unit helikopter Belk 412 EP, sebagaimana yang telah tergelar di hadapan Bapak-Ibu tamu undangan yang berbahagia,” kata Komjen Pol Moechgiyarto.

HUT Kepolisian Perairan dan Udara diperingati pada setiap tanggal 1 Desember. Pada tahun ini, peringatan diisi dengan kegiatan olahraga bersama, bakti sosial ke panti asuhan, donor darah, dan syukuran sebagai puncaknya.

[AKP Bambang AS]

Pos Terkait

Back to top button