Nasional

Rekor MURI! Polri Gelar Bakti Sosial Kesehatan Serentak di 34 Polda

Baharkam Promoter! Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) menggelar Bakti Sosial Kesehatan Serentak di 34 Polda dengan melibatkan pasien sebanyak 54.353 orang, dan berhasil masuk rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) sebagai baksoskes dengan pasien terbanyak.

Kegiatan ini dipusatkan di Rumah Sakit Bhayangkara Tk IV Polda Banten, dan secara resmi dibuka oleh Kabaharkam Polri Komjen Pol Drs Condro Kirono MM, M.Hum, yang mewakili Kapolri, Selasa, 15 Oktober 2019.

Baksoskes tersebut mengangkat tema “Melalui Dokkes Polri yang Promoter Kita Laksanakan Bakti Sosial Kesehatan Serentak Seluruh Wilayah Guna Memelihara Keamanan dan Ketertiban Masyarakat”.

Dalam sambutannya, Kabaharkam Polri menjelaskan bahwa Kamtibmas dipengaruhi oleh banyak faktor, antara lain: ideologi, politik, ekonomi, sosial, dan budaya. Sehingga untuk mewujudkan masyarakat yang aman dan tertib, Polri harus merangkul dan bersinergi dengan semua komponen bangsa.

“Saya setuju dengan pernyataan Kapusdokkes Polri, bahwa bakti sosial kesehatan ini berdampak positif dalam mengatasi dan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, serta meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada Polri dan turut memelihara Kamtibmas yang kondusif,” terang Komjen Pol Condro Kirono.

Baksoskes ini menetapkan berbagai jenis pelayanan kesehatan dan target pasien yang dilayani secara total berjumlah 54.353 orang. Jika dikomparasikan, pelayanan seperti ini mungkin baru tercapai dalam waktu satu tahun manakala dilakukan oleh rumah sakit tipe C.

Oleh karena itu, secara pribadi dan kedinasan, Kabaharkam Polri mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang terlibat dalam kegiatan kemanusiaan tersebut, terutama:

1. Kapusdokkes Polri, atas ide cerdas dan terlaksananya kegiatan ini.
2. Kapolda Banten dan seluruh Kapolda, atas bantuan dan dukungan yang diberikan sehingga kegiatan ini dapat terlaksana.
3. Pemerintah Provinsi Banten dan seluruh provinsi di Indonesia beserta jajarannya, atas fasilitas dan dukungannya.
4. Rekan-rekan dari unsur kesehatan TNI, Budha Tzuchi, dan organisasi profesi maupun LSM-LSM lainnya, atas dukungan allout-nya.
5. Yayasan MURI yang telah memberikan kepercayaan dan penghargaan rekor MURI.
6. Seluruh panitia dan tenaga kesehatan, atas kerja keras dan dedikasi yang tinggi dalam melaksanakan kegiatan ini.

“Dengan memgucapkan ‘Bismillahirrahmanirrahim’, Bakti Sosial Kesehatan di 34 Polda secara resmi dilaksanakan, semoga Allah SWT meridhoinya dan semoga berjalan lancar serta bermanfaat bagi masyarakat,” ucap Komjen Pol Condro Kirono saat membuka kegiatan tepat pada pukul 08.48 WIB.

[AKP Bambang AS]

Pos Terkait

Back to top button