BeritaNasional

Sehari Jelang Hari Santri 2020, Kabar Duka Datang dari Gontor

Penanusa.com – Kabar duka datang dari Pondok Modern Darussalam Gontor, Ponorogo, Jawa Timur, sehari jelang Hari Santri, 22 Oktober 2020. Seorang kiai kharismatik, pengasuh ribuan santri, salah seorang pimpinan PM Darussalam Gontor, KH Abdullah Syukri Zarkasyi, telah menghembuskan napas terakhirnya.

“Ayahanda Dr KH Abdullah Syukri Zarkasyi Berpulang ke Rahmatullah,” demikian judul berita duka yang diunggah situs resmi PM Darussalam Gontor, gontor.ac.id, pada Rabu, 21 Oktober 2020.

“Inna lillahi wa innaa ilaihi rajiuun. Ayahanda Dr KH Abdullah Syukri Zarkasyi, Pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor, tutup usia, berpulang ke rahmatullah pada Rabu 21 Oktober 2020, pukul 15.50 di rumah Gontor. Pada 2012 Kiai Syukri terkena serangan stroke dan semenjak saat itu beliau beberapa kali menjalani perawatan intensif.”

Berita duka itu pun segera menyebar ke seluruh dunia, tak terkecuali dunia maya. Para alumni ramai-ramai memenuhi linimasa media sosial dengan ungkapan bela sungkawa teriring doa. Tak sedikit yang menuangkannya pada status Whatsapp.

“Selamat jalan Kiaiku, selamat berpulang kembali kepada Sang Kekasih. Jariyah ilmu yang engkau goreskan untuk Gontor dan Ibu Indonesia adalah rintik kecil pada hujan sekaligus garis luar pada batas samudera. Al Fatihah,” ungkap Mohamad Syafaat, alumni Gontor tahun 2002 lewat akun-akun media sosialnya.

“Selamat jalan, guruku,” kata alumni Gontor lainnya.

Di dunia nyata, berbondong-bondong alumni Gontor berangkat ke Ponorogo untuk mengejar rangkaian proses pemakaman yang rencanannya akan dilaksanakan pada Kamis pagi, tepat di Hari Santri 2020.

Rencananya, pada pukul 09.00 WIB, jenazah akan disholatkan oleh seluruh Keluarga Besar Pondok Modern Darussalam Gontor di Masjid Jami’. Kemudian pukul 10.00 WIB, jenazah dimakamkan di Pemakaman Keluarga Pondok Modern Darussalam Gontor.

Para alumni dan lain sebagainya dipersilakan melakukan takziyah namun harus mematuhi protokol kesehatan.

Pos Terkait

Back to top button