Sempat Dibuka, Namun Kini Arab Saudi Kembali Tutup Akses Umroh Untuk WNI

Bagikan :

Share on facebook
Share on twitter
Sempat Dibuka, Namun Kini Arab Saudi Kembali Tutup Akses Umroh Untuk WNI
Sempat Dibuka, Namun Kini Arab Saudi Kembali Tutup Akses Umroh Untuk WNI

Penanusa.com – Sebelumnya Arab Saudi telah membuka akses umrah untuk para jamaah diseluruh dunia termasuk Indonesia. Akan tetapi, kebijakan ini kembali berubah. Konsul Haji Konsulat jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Jeddah, Endang Jumali menegaskan bahwa Arab Saudi, menghentikan penerbitan visa umrah bagi jemaah asal Indonesia.

“Sampai saat ini belum ada issue (penerbitan) visa umroh untuk Indonesia,” ucap Endang.

Endang mengatakan bahwa Arab Saudi sedang mengevaluasi berbagai kebijakan dan protokol kesehatan terkait ibadah umrah. Evaluasi ini dilakukan  agar pembukaan kembali ibadah umrah di tengah pandemi virus corona tetap aman dan nyaman.

“Karena masih dalam tatanan evaluasi terkait protokol kesehatan, dan kebijakan lainnya yang sudah ditetapkan dalam edaran Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi. Kemungkinan karena masa transisi sehingga setiap langkah dievaluasi,” jelas Endang.

Sampai saat ini, Endang belum bisa mendapatkan informasi apapun soal kapan Saudi kembali menerbitkan visa umrah bagi jemaah Indonesia.

Pada umrah batch I dimasa pandemi, Indonesia memberangkatkan ada 359 jemaah asal Indonesia yang melaksanakan ibadah umrah ke Arab Saudi. Dari jumlah tersebut ada 13 orang jemaah yang terkonfirmasi positif Covid-19 saat tiba di Arab Saudi.

Baca juga : Selama Pandemi, 282 Dokter dan Perawat Meninggal Akibat Covid-19

Kabar Utama:

Kabar Terbaru:

logo 120x120

Rekam Jejak Indonesia

Portal berita online terkini hari ini dari media mainstream terbaik dan terpercaya

Ikuti Kami

©2021 penanusa.com. All rights reserved.

Tentang Kami | Redaksi | Pedoman Media Siber | Privacy Policy | Hubungi Kami