Berita

Setelah Long Weekend, Anies Meminta Setiap RW Mendata Warga yang Liburan

Penanusa.com – Untuk mengantisipasi penyebaran virus Covid-19, Anies Baswedan meminta kepada Gugus Tugas tingkat RW mendata warga yang berpergian weekend lalu. Laporan tersebut bertujuan untuk memberikan pengawasan lebih kepada mereka yang baru datang dari bepergian.

Anies mengatakan, apabila ada warga yang mengalami gejala mirip Covid-19, maka segera dilakukan pemeriksaan di Puskesmas.

“Sehingga bila perlu dilakukan test, bila ada gejala bisa langsung dideteksi lebih awal,” ujar Anies.

Dia mengatakan, cara tersebut sebagai antisipasi lonjakan kasus yang pernah terjadi pada saat libur panjang Agustus 2020 lalu.

Kasus libur panjang yang berimbas terhadap lonjakan kasus Covid-19 di DKI Jakarta pada September lalu.

Data pemerintah, 12 hari pertama bulan September menyumbang 25 persen dari total kasus aktif positif Covid-19 di Ibu Kota. Anies tidak mau mengulang hal tersebut.

Dia juga meminta kepada masyarakat untuk tetap menggunakan masker saat berinteraksi meskipun dengan orang terdekat. Terlebih, kata Anies, orang-orang yang baru saja bepergian yang memiliki potensi lebih besar menjadi orang tanpa gejala.

Data terbaru kasus Covid-19 di DKI Jakarta per tanggal 2 November 2020, terdapat penambahan 1.024 kasus positif Covid-19. Dengan penambahan kasus baru tersebut, Covid-19 di Jakarta kini mencapai 107.228 kasus dengan 2.291 pasien di antaranya meninggal dunia, 95.876 orang dinyatakan sembuh, dan 9.062 orang masih dirawat.

Baca juga : BPOM Akan Memperketat Guna Menjaga Keamanan dan Mutu Vaksin Covid-19

Anies sebelumnya sudah mengimbau warga Jakarta untuk tidak bepergian ketika libur panjang saat libur Maulid Nabi SAW.

Pos Terkait

Back to top button