Nasional

Setelah Upacara Sertijab, Kabaharkam Polri Laksanakan Laporan Kesatuan dan Penandatanganan Memori Sertijab

Baharkam Promoter! – Irjen Pol Drs Agus Andrianto SH, MH, resmi menjabat sebagai Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri.

Hal itu terjadi usai digelarnya Upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Kabaharkam Polri dari pejabat lama Komjen Pol Drs Firli MSi, kepada pejabat baru Irjen Pol Agus Andrianto, Senin, 16 Desember 2019. Upacara ini dipimpin langsung oleh Kapolri Jenderal Pol Drs Idham Azis MSi, bertempat di Aula Bareskrim Polri Gedung Awaloedin Djamin Lt 9, Kompleks Mabes Polri, Jakarta.

Setelah Upacara Sertijab, maka digelarlah Laporan Kesatuan dan Penandatanganan Memori Serah Terima Jabatan Kabaharkam Polri, yang bertempat di Ruang Rapat Baharkam Polri, Kompleks Mabes Polri.

Selain diikuti oleh pejabat lama dan pejabat baru, kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Pejabat Utama Baharkam Polri, Anjak Utama Baharkam Polri, serta para Kabag dan Kasubdit jajaran Baharkam Polri.

Selama kegiatan, suasana hangat penuh keakraban menyelimuti Ruang Rapat Baharkam Polri. Satu per satu Komjen Pol Firli memperkenalkan para PJU Baharkam Polri kepada Irjen Pol Agus Andrianto. Satu per satu pula Irjen Pol Agus Andrianto memperhatikan para pejabat utama yang akan membantunya nanti selama menjabat sebagai Kabaharkam Polri.

Sementara dalam sambutannya sebagai pejabat lama, Komjen Pol Firli menyatakan Pati tercepat menjabat Kabaharkam Polri adalah Timur Pradopo, hanya 18 hari. Sementara dirinya menjabat selama 28 hari, 19 November-16 Desember 2019.

Menurutnya, hal yang paling penting untuk dilakukan oleh Kabaharkam Polri yang baru adalah bagaimana Baharkam Polri bisa menjamin akuntabilitas kinerja, laporan akuntabilitas/lakip bisa tertib, dan dapat dipertanggungajawabkan terkait dengan laporan pengadaan barang dan jasa.

“Saya berpesan agar dalam penyusunan rencana kerja Baharkam di tahun 2020 bisa lebih baik, khususnya critical point dalam pengadaan barang dan jasa, mana yang belum selesai dan mana yang sudah selesai,” kata Komjen Pol Firli.

Selanjutnya dilaksanakan Lapsat Baharkam Polri dan penjelasan Tupoksi Baharkam Polri yang disampaikan oleh Karobinopsnal Brigjen Pol Drs Ermi Widyatno MM.

[AKP Bambang AS]

Pos Terkait

Back to top button