HeadlineNasional

Takjub Kemegahan Masjid Istiqlal Baru, Presiden Jokowi Lihat Lantainya yang Berkilau Sampai 3 Kali

Penanusa.com – Hari ini, Kamis sore, 7 Januari 2021, Presiden RI, Joko Widodo, meresmikan hasil renovasi Masjid Istiqlal di Jakarta.

Renovasi yang menelan biaya Rp511 miliar dari dana APBN itu merupakan renovasi pertama sejak 42 tahun lalu.

“Hari ini, Masjid Istiqlal, masjid kebanggaan kita semua, telah selesai di renovasi, alhamdulillah,” kata Presiden Jokowi dalam sambutannya, dikutip dari situs resmi Sekretariat Kabinet.

Jokowi berharap, dengan selesainya renovasi tersebut, Masjid Istiqlal dapat menjadi kebanggaan seluruh rakyat Indonesia.

“Renovasi Masjid Istiqlal agar menjadi semakin megah bukan untuk gagah-gagahan, bukan hanya menjadi kebanggaan umat Islam, tapi juga menjadi kebanggaan seluruh rakyat Indonesia, kebanggaan bangsa kita Indonesia,” katanya.

Baca juga: Masjid Istiqlal Jadi Gambaran Perjuangan Muslimin Raih Kemerdekaan

Setelah direnovasi, menurut Presiden Jokowi, Masjid Istiqlal berubah total dan tampak seperti baru kembali.

“Lanskapnya ditata ulang menjadi indah dan semakin kelihatan tertata rapi. Lantainya juga, saya lihat sudah tiga kali, lebih berkilau. Tata cahayanya juga diganti, sangat modern dan indah. Sungai yang membelah Istiqlal juga semakin bersih dan rapi,” dia menilai.

Oleh karena itu, Presiden menyampaikan apresiasi kepada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang telah merenovasi Masjid dengan tidak hanya memaksimalkan fungsi masjid sebagai tempat ibadah tetapi juga memperhatikan aspek arsitektur, seni, dan estetika.

“Dan yang tidak kalah penting tetap mempertahankan pada kaidah-kaidah cagar budaya bangunan masjid, ini sangat penting,” ungkap Jokowi.

Presiden Jokowi kemudian memukul bedug sekaligus menandatangani prasasti sebagai tanda peresmian renovasi. (*)

Baca juga: Jokowi: 2020 Penuh Tantangan, Seperti Berlayar Menembus Badai di Laut yang Gelap

Pos Terkait

Back to top button