Hukum

Termasuk Habib Rizieq, Genap 6 Tersangka Serahkan Diri ke Polda Metro Jaya

Penanusa.com – Sobri Lubis dan Maman Suryadi, dua Tersangka dalam perkara kerumunan di Petamburan, Jakarta Pusat, ikut serahkan diri ke Kepolisian Daerah Metropolitan Jakarta Raya (Polda Metro Jaya).

“Pada hari ini, Sobri Lubis dan Maman Suryadi datang untuk pemeriksaan,” kata Sugito Atmo Pawiro, sebagai kuasa hukum Habib Rizieq dan kedua orang yang menyerahkan diri tersebut, di Mapolda Metro Jaya, Senin, 14 Desember 2020.

Sugito menjelaskan kedua Tersangka akan bertemu dengan penyidik dan dijadwalkan pemeriksaannya pada pukul 10.00 WIB.

Sebelumnya, pimpinan Front Pembela Islam (FPI), Muhammad Rizieq Shihab (MRS/Habib Rizieq), telah terlebih dahulu menyerahkan diri ke Polda Metro Jaya usai ditetapkan status hukumnya dalam perkara tersebut sebagai Tersangka. Kedatangannya ini dianggap sebagai upaya menyerahkan diri.

Baca juga: Habib Rizieq Shalat Berjamaah Maghrib dengan Penyidik di Mushola Mapolda Metro jaya

Sebagai Tersangka atas kasus kerumunan di Petamburan yang digelar di tengah pandemi COVID-19, Habib Rizieq diduga melanggar Pasal 160 dan Pasal 216 KUHP.

Selain itu, pada Senin dini hari, tiga Tersangka lain juga telah menyerahkan diri. Mereka adalah Haris Ubaidilah, Idrus, dan Ali Alwi Alatas.

Dengan demikian, seluruh Tersangka dalam kasus ini telah menyerakan diri ke penyidik Polda Metro Jaya.

Pada Kamis lalu, Polda Metro Jaya telah mengumumkan kenaikan status hukum Rizieq Shihab dari saksi jadi tersangka, bersama lima orang lainnya, dalam perkara kerumunan massa di Petamburan, Tanah Abang, Jakarta Pusat, yang digelar pada 14 November 2020 lalu.

Dari hasil Gelar Perkara, penyidik menyimpulkan ada enam yang ditetapkan sebagai Tersangka. Yang pertama, sebagai penyelenggara, adalah MRS. kemudian lima Tersangka lain masing-masing adalah adalah: Ketua panitia Maulid Nabi dan pernikahan putri Habib Rizieq, HU; sekretaris panitia, A; penanggung jawab bidang keamanan, MS; penanggung jawab acara, SL; dan kepala seksi acara, HI. (*)

Baca juga: Tim Kuasa Hukum Habib Rizieq Ajukan Praperadilan Besok di PN Jaksel

Baca juga: Komjen Pol Agus Andrianto Minta Para Kapolda Antisipasi Gerakan Massa Setelah Penahanan Habib Rizieq

Pos Terkait

Back to top button