Gaya Hidup

Ternyata Menangis Memberikan Banyak Manfaat Bagi Kesehatan Tubuh

Penanusa.com – Apakah Anda pernah menangis? Tentu, karena setiap orang yang terlahir ke dunia pernah menangis. Karena sedih, atau bahkan menangis karena senang.

Ya, ada seorang ahli sarat Dr. William H. Frey II, penulis Crying: The Mystery of Tears yang menghabiskan waktunya lebih dari 20 tahun untuk mempelajari tangisan dan air mata.

Ternyata, setelah dilakukan penelitian, tangisan air mata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita.

Hasil penelitiannya, Frey menunjukkan, 85 persen perempuan dan 73 persen laki-laki merasa tidak terlalu sedih dan marah setelah menitikkan air mata.

Dilansir dari suara.com dari Agingcare inilah beberapa manfaat menangis bagi kesehatan:

Baca juga: Habib Rizieq Tiba di Mapolda Metro, Tim Kuasa Hukum: Siap Ditahan Sebagai Seorang Pejuang

1. Menangis membantu meredakan Stres
Stres tidak hanya berpengaruh kepada mental. Seseorang yang mengalami stres nyatanya dapat meningkatkan berbagai penyakit seperti serangan jantung, kerusakan otak, lambung dan lain-lain. Dengan menangis seseorang dapat memberikan pelepasan sementara. Walaupun tidak seefektif perawatan istirahat, menangis dapat membuat otak menjadi lebih tenang.

2. Menangis menurunkan tekanan darah
Salah satu faktor seseorang menangis disebabkan emosi yang berlebih. Emosi yang berlebih dapat menyebabkan tekanan darah tinggi yang berakibat hal buruk bagi kesehatan.

Untuk itu menangis diperlukan untuk menetralkan tekanan darah. Menangis terbukti dapat menurunkan tekanan darah dan denyut nadi segera setelah sesi terapi di mana pasien menangis dan mengeluarkan cairan.

3. Air mata menghilangkan racun
Frey mengatakan, menangis dapat menghilangkan racun dari dalam tubuh. Menurutnya, air mata membantu manusia menghilangkan hormon stres seperti kortisol yang menumpuk selama masa gejolak emosi.

Baca juga: Polda Jabar Kirim Surat Panggilan Kedua Setelah Habib Rizieq Mangkir di Panggilan Pertama

4. Menangis mengurangi mangan
Tindakan menangis yang sederhana juga mengurangi tingkat mangan tubuh. Mangan merupakan mineral yang memengaruhi suasana hati dan ditemukan dalam konsentrasi yang jauh lebih besar di air mata daripada di serum darah. Kadar mangan yang meningkat dapat dikaitkan dengan kecemasan, lekas marah, dan agresi. Oleh karena itu, menangis dapat membantu mengurangi mangan sehingga baik bagi tubuh.

5. Menangis memperbaiki emosi dan rasa kemanusiaan
Air mata manusia ditandai sebagai respons terhadap tekanan emosional. Menangis membantu seseorang mengakui perasaan yang dialaminya.

Menangis memotivasi seseorang untuk berempati, berkoordinasi, dan bekerja sama dalam kehidupan. Faktanya, menangis memiliki fungsi sosial yang penting. Fungsi ini mengkomunikasikan kekuatan dan sifat hubungan, menimbulkan simpati, bantuan, dan mendekatkan individu satu sama lain. (*)

Pos Terkait

Back to top button